Membedah Jam Tangan Sebelum Mengoleksinya

0
32

.Jam tangan berubah fungsi. Benda ini tidak lagi hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu, namun juga sebagai fesyen. Masih belum cukup? Ya, kini jam tangan mulai dilirik sebagai benda yang cukup menarik untuk dikoleksi.

Mungkin kaum adam cenderung lebih menekuni hobi ini dibanding para perempuan. Macam-macam alasan orang mengoleksi jam tangan. Sebut saja karena kemahalannya, usianya (antik), ataupun disebabkan oleh bentuknya yang aneh, lucu, unik, bahkan keren.

Untuk mengoleksi jam tangan, Anda harus mengetahui terminologi benda tersebut. Mahkota (crown) merupakan sebuah logam yang menonjol keluar dari tempatnya. Crown biasa diletakkan pada arah jarum jam angka tiga. Fungsinya tidak lain adalah sebagai pengatur waktu (jarum jam).

Manusia memiliki wajah, demikian pula jam tangan. Wajah jam disebut dial. Dial terletak di dalam lingkaran tempat jam dan menjadi titik fokus jam. Nama jam tangan, penunjuk jam, dan ukuran kedalaman dicetak dan dipasang langsung pada dial.

Lingkaran tempat atau kepala jam biasa ‘dipagari’ oleh semacam bulatan yang terbuat dari metal. Bulatan ini disebut bezel. Bezel merupakan ‘pigura’ jam tangan, yang mengelilingi dial.

Meski telah dihias oleh bezel, jam tangan tidak akan berfungsi dengan baik tanpa movement. Movement merupakan alat mekanis yang dapat menjalankan jam tangan. Movement terdiri dari mekanisme pemutar, roda penyeimbang, mainspring, dan escapement. Semua bagian tersebut menciptakan kekuatan, yang dilepaskan untuk mendorong jarum jam berputar mengelilingi dial.

Bagian yang paling terlihat adalah case, tentu saja. Case biasa terbuat dari stainless steel, namun kini banyak juga ditemukan watch case terbuat dari emas, platinum, dan titanium.

So, what time is it?

(Berbagai sumber)

SHARE