Thanksgiving Day, Mengucap Syukur dan Menyantap Kalkun

0
70

.Diperkirakan dalam beberapa hari terakhir ini akan ada sekitar 42.2 juta penduduk Amerika yang akan menempuh perjalanan setidaknya 80 km dari rumah mereka untuk merayakan ritual mudik di hari Thanksgiving. Jumlah ini mengalami peningkatan sekitar 11.4% dibanding tahun kemarin.

Di negara kita tradisi mudik ini dilakukan setiap mendekati akhir bulan Ramadhan yang ditandai dengan perayaan Lebaran, sementara orang Amerika melakukannya setiap menjelang Kamis keempat di bulan November, sedangkan orang Kanada merayakannya pada Senin kedua di bulan Oktober.

Dalam tradisi Amerika, Thanksgiving bermula dari perayaan panen raya yang dilakukan oleh warga Plymouth Colony di Massachusetts yang tahun sebelumnya baru saja mengalami gagal panen. Perayaan syukuran di tahun 1621 itu kemudian menyebar dan menjadi sebuah tradisi yang resmi setelah presiden pertama Amerika Serikat, George Washington, merayakannya secara meriah pada tahun 1789.

Kegiatan liburan yang diisi dengan perjalanan pulang ke tempat asal untuk bertemu dan berkumpul dengan sanak saudara ini selalu ditandai dengan hidangan daging kalkun yang disajikan dengan buncis, jagung, kentang, dan saus cranberry sebagai menu makan bersama. Bisa dibilang Thanksgiving itu identik dengan daging kalkun, sama seperti opor ayam yang identik dengan Lebaran. Selain hidangan daging kalkun, biasanya dalam perayaan Thanksgiving para keluarga Amerika juga menyertakan pai labu dan casserole sebagai pelengkap Thanksgiving. Tentang daging kalkun Thanksgiving sendiri, Adam Sandler pernah membuat sebuah lagu komedi berjudul The Thanksgiving Song yang ditutup dengan sebuah kalimat indah “Oh, I love turkey on Thanksgiving. Happy Thanksgiving everybody…“.

(Berbagai sumber).

SHARE