Ternyata Sayuran Organik Tidak Lebih Baik

0
36

.Menanam sayuran organik memang pilihan yang jauh lebih baik untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan. Namun ternyata mengkonsumsinya tidak membuat kita jadi lebih sehat.

Sayuran yang terbebas dari pestisida, proses menanam yang lebih ramah lingkungan, dan asumsi bahwa sayuran organik lebih banyak mengandung komponen bioaktif dibanding yang non-organik adalah beberapa alasan yang biasanya dijadikan pegangan oleh para konsumen untuk membeli produk organik. Untuk masalah kandungan nutrisi, itu lain lagi.

Para ilmuwan yang tergabung dalam Danish National Food Institute di Universitas Kopenhagen mengemukakan bahwa kandungan antioksidan yang ada dalam sayuran organik ternyata sama saja dengan sayuran yang ditanam secara konvesional. Hasil temuan ini didasarkan dari percobaan yang telah mereka lakukan terhadap tiga jenis sayuran, meliputi kentang, bawang bombay, dan wortel yang mereka kembangkan secara organik dan non-organik.

Fokus penelitian mereka adalah kandungan dua buah zat anti oksidan flavonoid dan asam phenolik yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia dan kebetulan keduanya banyak terkandung dalam tiga jenis sayuran tersebut. Hasil penelitian yang mereka publikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menyebutkan bahwa ternyata tidak terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal jumlah kandungan zat antioksidan diantara sayuran organik dan non-organik.

(Berbagai sumber).

SHARE