Fakta: 600.000 Orang Meninggal Akibat Jadi Perokok Pasif

0
28

.Penelitian global pertama terhadap dampak rokok menghasilkan meninggalnya 600.000 orang setiap tahun karena menjadi perokok pasif.

Sepertiga yang meninggal dari jumlah tersebut adalah anak-anak yang terkena dampak asap rokok dari rumah, menurut World Health Organization (WHO).

Penelitian terhadap 192 negara menunjukkan bahwa merokok pasif sangat berbahaya bagi anak-anak, karena lebih berisiko untuk terkena sindrom kematian bayi mendadak, pneumonia (radang paru-paru) dan asma. Merokok pasif menyebabkan ganguan jantung, pernapasan dan paru.

The global health body mengutarakan “Ini sangat memprihatinkan, kebanyakan anak-anak yang meninggal akibat dampak rokok berada di Asia Tenggara dan Afrika. Mereka biasanya terkena di rumahnya sendiri.”

Sedangkan menurut penelitian global sebanyak 40% anak-anak, 33% bukan perokok pria dan 35% bukan perokok wanita menjadi perokok pasif pada 2004. Dampak ini menyebabkan 379.000 kematian karena penyakit jantung, 165.000 dari infeksi saluran pernapasan rendah, 36.900 dari asma dan 21.400 dari kanker paru.

Menurut penelitian lainnya, perokok pasif terbanyak berada di benua Eropa dan Asia dan yang terendah berada di Amerika, timur Mediterania dan Afrika.

Penelitian juga mengungkapkan 281.000 wanita terbunuh akibat merokok pasif di seluruh dunia. Wanita memang 50% lebih mudah menjadi perokok pasif daripada pria.

Ayo kita jaga keluarga, terutama anak-anak dari asap rokok!

(Berbagai sumber)

SHARE