Veni, Vidi, Vici in Mexico City

0
25

.Banyak wisatawan yang mengatakan bahwa pengalaman tawar-menawar dengan para pedagang di Meksiko adalah pengalaman tak terlupakan yang akan menyempurnakan kisah petualangan Anda selama berada di negeri Matador dan telenovela. Bahkan sampai ada pepatah yang berbunyi “Anda belum benar-benar datang ke Meksiko kalau belum melakukan tawar-menawar dengan para pedagang di pasar”.

Tawar-menawar adalah aktivitas yang umum di Meksiko, terutama di pasar tradisional, toko cinderamata, dan para penjual kerajinan tangan. Para pedagang di Meksiko adalah pedagang sejati yang akan melayani tawar-menawar dengan gembira. Namun hati-hati, kalau mereka merasa dicurangi karena Anda mengurangi harga terlalu banyak, mereka bisa menolak tawaran yang Anda berikan walau berapapun jumlahnya.

Agar bisa mendapatkan barang incaran melalui penawaran yang aman, ini dia beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

1. Jangan langsung menyetujui harga pertama yang disodorkan oleh para penjual, namun Anda juga harus realistis dalam memberikan penawaran. Idealnya adalah menawar setengah dari harga yang pertama kali mereka tawarkan.

2. Walaupun bahasa Spanyol yang Anda kuasai jauh dari sempurna, namun asal mereka mendengar Anda mengucapkan sepatah dua patah kata, pasti para pedagang ini akan lebih lunak kepada Anda. Ini adalah senjata rahasia untuk meluluhkan mereka.

Selain untuk menaklukkan para pedagang di pasar tradisional, toko cinderamata, dan para penjual kerajinan tangan, Anda juga bisa menggunakan dua jurus ini untuk menghadapi pemilik persewaan alat menyelam, pemandu wisata, dan tentunya para pengemudi taxi yang kadang armadanya tidak dilengkapi dengan argometer. Sebelum menggunakan jasa taxi yang berjenis seperti ini, pastikan untuk terlebih dahulu memperoleh kesepakatan harga. Anda bisa melakukan penawaran dengan berdasarkan informasi tarif taxi yang banyak terdapat di brosur-brosur perjalanan. Purchase your goods, thank the seller and leave the store with smile.

(Berbagai sumber).

SHARE