Berebut Sang Santa

0
66

.Kita mengenal sosoknya sebagai Sinterklas, orang-orang menyebutnya Santa Claus, Saint Nicholas, Father Christmas, Kris Kringle, atau cukup Santa, tergantung di daerah mana kita menyebut namanya. Sosoknya yang tambun, lucu, baik hati, riang dan penyayang tak hanya menjadi rebutan anak kecil, namun juga beberapa negara di dunia.

Banyak anak yang percaya bahwa Santa Claus tinggal di Kutub Utara. Ada banyak alasan kenapa hal ini bisa terjadi, salah satunya tentu saja hasil penggambaran film-film Hollywood. Di sana, Santa Claus digambarkan memiliki sebuah rumah dan bengkel, tempat ia dan makhluk fantasi lainnya menyiapkan kado untuk semua anak baik di seluruh dunia.

Di daerah Alaska ternyata secara kebetulan juga terdapat sebuah kota bernama North Pole yang dengan tegas memasang tagline “Santa Claus House” sebagai daya tarik turis. Pemerintah Kanada tak mau ketinggalan. Melalui Canada’s minister of Citizenship, Immigration and Multiculturalism, mereka secara resmi memberikan gelar warga kehormatan kepada Santa Claus dan kode pos H0H 0H0 untuknya. Kalo berdasarkan kode pos-nya, besar kemungkinan sang Santa bermukim di daerah Montreal.

Persaingan yang lebih seru terjadi di daratan Skandinavia karena hampir setiap negara di kawasan ini masing-masing mengklaim bahwa Santa Claus adalah salah satu warga negaranya. Pemerintah Norwegia percaya bahwa Santa Claus tinggal di daerah Drobak; warga Denmark yakin 100% kalau Santa Claus menghuni kawasan Greenland; orang Swedia mengklaim bahwa Santa Claus tinggal di daerah Mora dan memiliki taman bermain bernama Tomteland; begitu juga pemerintah Finlandia yang meyakini bahwa Santa Claus adalah warga negaranya dan tinggal di kawasan Korvantunturi dengan nama julukan Joulupukki. Lalu, dimana sebenarnya Santa Claus tinggal?? Kalau mengingat setiap tahun dia punya cukup kado untuk dibagikan pada semua anak di seluruh dunia, sepertinya tidak aneh kalau Santa Claus memiliki rumah di setiap negara di seluruh penjuru dunia. Siapa tahu salah satunya di Indonesia…

(Berbagai sumber)

SHARE