Hari Yang Sempurna di Finlandia

0
23

.Diantara negara-negara anggota Uni Eropa, Finlandia adalah negara yang paling jarang penduduknya. Negara yang bertetangga dengan Norwegia, Swedia, Rusia, dan Estonia ini memiliki luas wilayah 338.145 KM persegi dengan jumlah penduduk hanya sekitar 5.3 Juta jiwa. Ini berarti dalam setiap 1 KM persegi hanya dihuni oleh sekitar 17 orang penduduk. Bandingkan dengan kota Jakarta yang per KM persegi-nya dihuni oleh sekitar 12.992 jiwa. Luas area dan minimnya jumlah penduduk, mungkin inilah yang membuat sistem telekomunikasi maju pesat di negeri ini, hingga sempat mendominasi industri telekomunikasi dunia.

Sebagian besar area Finlandia didominasi oleh hutan belantara dengan porsi mencapai 70% dari total wilayahnya, dan hasilnya sungguh signifikan. Alam yang sejuk serta oksigen yang melimpah dan ditambah dengan berbagai fasilitas seperti libur cuti 5 mingggu full gaji, cuti melahirkan setahun penuh, dan pendidikan gratis menjadi formula sempurna yang membuat warga Finlandia memiliki rata-rata harapan hidup yang panjang, sekitar 76 – 83 tahun.

Kalau Anda berkunjung ke Finlandia, Anda bisa menyambangi berbagai kota yang masing-masing terkenal akan kekayaan budaya maupun perkembangan ekonominya, seperti:

1. Helsinki, kota utama Finlandia yang terpilih sebagai the world Design Capital 2011, mengalahkan 42 kota lainnya di seluruh penjuru dunia.

2. Kittila, daerah yang diyakini sebagai deposit emas terbesar di daratan Eropa.

3. Korvatunturi, daerah yang diyakini sebagai rumah bagi Santa Claus, atau Joulupukki dalam bahasa setempat.

4. Espoo, atau yang dikenal juga sebagai Nokia-town, tempat Nokia lahir, tumbuh, dan meraksasa.

5. Oulu, kota yang menjadi lokasi berlangsungnya Air Guitar World Championships, Mieskuoro Huutajat (atau paduan suara yang diisi teriakan 30 orang pria), dan tempat berdirinya University of Oulu’s Department of Architecture, sekolah arsitektur paling utara di dunia.

6. Pori, tempat dimana Anda akan menemukan perhelatan festival Jazz paling keren di Eropa.

Ps. Kalau Anda ke Finlandia, secara otomatis Anda akan singgah ke Helsinki Airport, bandar udara yang diakui sebagai the finest airports in Europe dari segi desain, pelayanan, dan kenyamanannya. Selamat menempuh perjalanan yang menyenangkan…

(Berbagai sumber)

SHARE