Menikmati Waktu Seperti Orang Finlandia Sejati

0
90

.Kalau ditanya “aktifitas waktu luang apa yang paling dinikmati oleh orang Finlandia??”, sepertinya sauna adalah jawabannya. Rata-rata orang Finn, sebuatan bagi penduduk asli Finlandia, memulai karier saunanya sejak usia balita, antara 6-12 bulan pertama dalam hidup mereka. Sejak saat itu mereka akan menghabiskan akhir minggu dengan sesi sauna di tengah kota, atau mencari tempat yang lebih khidmad di pinggir pedesaan. Semenjak tahun 1999 hingga sekarang, setiap tahunnya Finlandia selalu rutin menyelenggarakan kejuaraan the World Sauna Championships di Heinola. Kota kecil ini adalah saksi betapa warga Finlandia sangat menciantai tradisi sauna.

Joonas Bergh?ll dan Mika Hotakainen adalah duo sutradara asal Finlandia yang baru saja membuat film dokumentasi tentang kebiasaan bersauna di kalangan penduduk Finlandia. Melalui film berjudul Steam of Life ini, Joonas dan Mika memberikan diagnosa tentang fenomena sauna sebagai sebuah ritual dan proses untuk mendapatkan perasaan sejajar serta aura kedamaian. Sejarah mencatat tentang pahit dan getirnya ketika selama ratusan tahun Finlandia dikuasai oleh Rusia dan Swedia, Namun ketika yang terjajah dan menjajah berada dalam sebuah ruang sauna, mereka semua sama saja, sama-sama makhluk alam yang mencari kedamaian dalam ketelanjangan. Bahwa dibalik segala atribut yang menempel pada diri manusia, pada hakikatnya semua setara dan mulia. Inilah essensi yang kemudian menjadi sebuah tradisi yang terus menerus dilakukan oleh orang Finlandia. Film dokumenter keren ini akan menjadi wakil bagi Finlandia dalam perebutan piala Oscar untuk kategori film berbahasa asing terbaik tahun depan.

Selain hobi sauna, warga Finlandia ternyata juga karaoke-goers sejati. Di kota-kota besar seperti Helsinki, Oulu, dan Tampere, mereka memasuki level kegilaan yang baru setelah munculnya taxi karaoke. Dengan berbekal microphone, speaker, dan layar monitor, mini bus-mini bus ini berlalu lalang di jalan raya dan siap mengangkut mereka yang ingin bernyanyi dengan penuh gaya. Mini bus yang mampu memuat hingga 12 orang ini akan berputar-putar keliling kota, menyajikan pemandangan para anak muda yang bernyanyi riang dari balik kaca jendela. Kalau misalnya di pinggir jalan kebetulan melintas orang yang kebetulan mereka kenal, maka mini bus akan berhenti, kaca jendela diturunkan dan mic akan diulurkan, dan setelah itu si korban dengan senang hati akan menghampiri dan ikut bernyanyi. Sungguh sebuah inovasi, baik dalam hal budaya maupun cara manusia dalam meningkatkan ekonomi.

Dalam sebuah survey, disebutkan bahwa hampir 64% perempuan dan 60% pria Finlandia rata-rata berolahraga minimal dua kali dalam satu minggu. Dalam hal kecepatan dan ketangkasan, Finlandia mempunyai dua nama yang mereka andalkan. Siapa lagi kalau bukan Kimi Raikkonen dan Heikki Kovalainen dari lintasan Formula 1. Dan meskipun dunia sepak bola Finlandia tak pernah berhasil melangkahkan kaki dalam Piala Dunia, namun mereka menutupnya dengan aksi di berbagai jenis olahraga musim dingin yang sepertinya memang keahlian mereka. Dalam Olimpiade Musim dingin di Vancouver Kanada kemarin, mereka berada di peringkat 15 dengan 5 buah mendali yang berhasil mereka koleksi. Ice hockey adalah primadona olah raga Finlandia dengan tim nasional Laijonat (lions) yang selalu mereka banggakan.

(Berbagai sumber)

SHARE