10 Cara yang Mengubah Internet Masa Depan

0
38

.Di era super informasi sekarang ini, hampir tidak ada orang yang tidak terhubung dengan dunia maya. Dimana-mana kita lihat tangan orang selalu memegang ponsel atau BlackBerry. Akses informasi sudah dalam genggaman.

Berikut adalah 10 hal prediksi para ahli tentang evolusi internet dekade ke depan.

1. Bertambahnya pengguna internet

Berdasarkan data dari Internet World Stats (IWS), awal tahun ini ada 1,7 milyar pengguna internet dari total populasi dunia 6,7 milyar orang. Dapat dipastikan tahun 2020, semakin banyak orang yang memiliki akses internet dan diperkirakan membengkak hingga 5 milyar orang.

2. Tanpa batasan geografis

Menurut IWS, pertumbuhan internet justru akan datang dari negara-negara yang saat ini tingkat penetrasi internet sangat rendah. Diantaranya adalah Afrika 6,8%, Asia 19,4% dan Timur Tengah 28,3%. Ini berarti tidak ada lagi batasan semua akan menjadi warga dunia, bukan lagi warga negara tertentu.

3. Internet bukan sekedar komputer dan jaringan

Menurut data CIA World Factbook 2009, jumlah komputer yang terhubung internet ada 575 juta, sedangkan badan survei lainnya, NSF meramalkan beberapa tahun mendatang sambungan internet tidak terbatas pada komputer. Gedung-gedung hari ini sudah banyak yang terhubung dengan internet.

4. Konten internet berkapasitas zettabytes bukan hanya exabytes
Para ahli menggunakan istilah exaflood sebagai penunjuk pertumbuhan jumlah data yang sangat cepat ditransfer melalui internet. Bahkan menurut Cisco, traffic internet tahun 2012 akan melonjak mencapai 44 exabytes/ bulan, dua kali dari hari ini.

5. Wireless internet

Jumlah pelanggan broadband mobile di dunia saat ini semakin bertambah, hingga mencapai 257 juta/ kuartal kedua 2009. Angka ini sudah termasuk pengguna 3G, WiMax dan layanan akses data berkecepatan tinggi sebesar 85%. Analis memperkirakan 2,5 milyar orang akan berlangganan layanan broadband.

6. Menjamurnya layanan berbasis internet

Para ahli meyakini bahwa dalam beberapa tahun mendatang akan banyak hadir layanan berbasis internet. Diperkirakan pendapatan dari layanan tersebut akan mencapai AS$45,5 milyar pada tahun 2015.

7. Internet ramah lingkungan

Penggunaan internet saat ini menghabiskan banyak energi, para peneliti yakin tahun-tahun mendatang konsumsi energi pada internet akan berkurang.

8. Sistem manajemen jaringan otomatis

Internet masih mempunyai kelemahan di sisi keamanan dan kurang mapannya teknik manajemen jaringan. National Science Foundation sedang membuat perangkat manajemen jaringan terbaru yang disebut dengan sistem reboot. Dengan sistem ini pengumpulan data dan tugas lainnya dilakukan secara otomatis.

9. Internet tidak lagi bergantung pada sambungan yang selalu on
Banyak orang yang bergantung pada komunikasi wireless, infrastruktur internet mengharuskan pengguna selalu memiliki sambungan on. Para ilmuwan sedang mengembangkan inter-planetary Internet Protocol, sebuah teknik komunikasi yang dapat menunda atau melakukan komunikasi dari pengguna satu ke lainnya dengan cara berbeda.

10. Internet ibarat bunga bagi para hacker
Perusahaan keamanan internet Symantec mendeteksi adanya 1,6 juta virus baru di tahun 2008, jumlah tersebut meningkat dua kali dari tahun sebelumnya. Para ahli memperkirakan serangan ini akan semakin canggih dan menjalar setiap harinya.

(Berbagai sumber)

SHARE