Friendster: The Return

0
1983

.Sebelum maraknya update status, upload foto dan me-like posting-an di wall Facebook, Friendster sudah merajai dunia jejaring sosial dengan jumlah pengguna aktif sebanyak 3 juta orang.

Friendster diciptakan oleh dua orang programmer Jonathan Abrams dan Ross MacKinnon yang bekerja di Lembah Silikon, California tahun 2002. Setahun kemudian Friendster menjadi fenomena dunia maya. Saat dipuncak suksesnya, Myspace dan Facebook bahkan mungkin belum tercipta. Menurut Abrams, Friendster diciptakan supaya dapat bertemu dengan cewek.

Sejak Facebook booming, pamor dan pengguna aktif Friendster per bulannya mengalami penurunan drastis. Namun rupanya pengguna Friendster di benua Asia masih cukup banyak, sehingga per tahun 2009 Friendster dibeli oleh MOL Global, sebuah penyedia layanan pembayaran online terdepan di Asia. Bahkan menurut sebuah situs yang tidak diketahui sumbernya, pengguna Facebook dan Friendster bersaing di Malaysia dan Filipina.

MOL Global CEO Ganesh Kumar Bangah menyatakan, Friendster berniat mengambil porsi kue di jejaring sosial melalui game yang akan diimplementasikan ke Friendster. Harapannya akan pengguna dan penjualan kredit di game akan meningkat. Saat ini Friendster sedang bekerjasama dengan Facebook untuk pembuatan software untuk sistem seperti kredit di Facebook.

Mari kita tunggu perkembangan! Mungkin sesekali boleh juga mampir ke akun Friendster Anda.

(Berbagai sumber)

SHARE