Menjaga Mata Tetap Sehat

0
53

.Melalui mata, Anda dapat melihat segala benda dan warna. Menikmati keindahan dari setiap bentuk yang ada. Menjaga mata Anda sehat menjadi hal utama. Berikut tips untuk menjaga mata.

1. Periksakan ke dokter setahun sekali
Walaupun Anda merasa tidak ada masalah dalam penglihatan, tapi pasti ada saja masalah pada mata. Dokter mata dapat memeriksa secara keseluruhan dan jika terdapat masalah, lakukan perawatan. Semakin dini masalah diketahui, semakin besar tingkat kesembuhannya.

2. Merawat alergi
Jika Anda mempunyai alergi terhadap suatu makanan yang dapat menyebabkan mata merah dan gatal jangan mengucek mata Anda. Menggosok mata dapat menyebabkan iritasi, mata merah dan kelopak mata kering yang sangat tidak nyaman. Gunakan obat alergi yang sesuai. Mencuci mata saat bangun pagi juga dapat membantu.

3. Gunakan kacamata anti UV

Sinar matahari selain dapat merusak kulit dapat juga merusak mata. Menjaga mata dari sinar matahari sangat penting. Pakai kacamata anti sinar matahari yang nyaman.

4. Gunakan kacamata pengaman saat bekerja
Gaya Anda akan terlihat norak tetapi mata akan terlindungi dari benda terbang dan partikel debu. Walaupun Anda tidak menyukainya, lakukan saja maka mata Anda akan berterima kasih.

5. Jaga pola makan
Kondisi seperti diabetes dapat berdampak sangat buruk bagi mata Anda. Pola makan yang benar, olahraga teratur dan menjaga berat tubuh adalah cara terbaik menghindar dari diabetes. Jika sudah terkena, atur kadar gula darah Anda. Jangan sampai diabetes membawa Anda pada kebutaan.

6. Merawat lensa kontak dengan benar
Jangan pernah menyentuh lensa kontak dengan tangan kotor, karena virus dan bakteri dapat menempel. Setiap kali memakai atau melepaskan lensa kontak, bilaslah. Ganti juga cairannya, ketika ditaruh ditempatnya pada waktu Anda tidur di malam hari. Gunakan sesuai aturan, jika habis masa pakai, segera ganti.

7. Gunakan pencahayaan yang baik
Dalam menonton tv dan membaca buku gunakan cahaya yang cukup. Hindari menonton di bioskop, gunakan layar anti silau atau filter untuk tv atau monitor dan ikuti aturan jarak dalam menonton tv.

8. Lakukan senam mata
Berkedip membantu melumasi mata. Tutuplah mata Anda selama lima menit supaya rileks dan mengurangi ketegangan mata.

9. Berhenti merokok
Asap rokok membuat iritasi mata dan dapat menyebabkan AMD (Age-related Macular Degeneration) yaitu penyebab utama kebutaan orang Amerika pada usia lebih dari 65 tahun.

Mulai dari sekarang yuk, untuk tetap menatap indahnya dunia.

(Berbagai sumber)

SHARE