Travel Tips for Savvy Travelers: What Is An Import Tax (and when will I have to pay it)??

0
22

.Penyelundupan adalah salah satu momok yang diperangi oleh setiap negara, tak terkecuali oleh Indonesia. Salah satu tindak lanjut yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Indonesia adalah dengan menetapkan bea impor Melalui Peraturan Menteri Keuangan Nomor 188/PMK.04/2010 yang akan mulai berlaku awal tahun nanti. Menurut peraturan tersebut, bea impor akan dikenakan atas barang pribadi, baik yang dibawa oleh penumpang, awak sarana angkutan, pelintas batas, maupun barang kiriman. Namun, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan bea impor ini??

Pada dasarnya bea impor (import tax atau customs duty tax) merupakan biaya yang dibayarkan atas barang yang dibawa dari sebuah negara ke negara berikutnya. Biaya ini bisa dibebankan ketika anda melakukan perjalanan ke luar negeri, membeli barang dan kemudian membawanya pulang, atau ketika anda memesan barang dari luar negeri melalui surat atau internet. Besarnya biasaya ini bervariasi, tergantung pada jenis barang, nilai produk, serta negara asal tempat barang tersebut diproduksi.

Tips paling aman dan nyaman untuk menghindari pemberlakuan biaya ini tentu saja dengan mentaati peraturan pemerintah mengenai batasan jumlah barang yang tidak dikenakan bea impor, atau bebas bea masuk, yaitu tidak lebih dari US$250 per orang atau atau US$1000 AS per keluarga untuk barang pribadi penumpang.

Tenang, Anda masih bisa membawa pulang mantel bulu idaman atau laptop keluaran terbaru yang sudah terlanjur Anda pesan, tapi tentu saja dengan ditambah sedikit keikhlasan.

(Berbagai sumber).

SHARE