Mencegah Pneumonia

0
24

.Mencegah pneumonia pada anak-anak merupakan komponen penting dari strategi untuk mengurangi angka kematian anak. Imunisasi terhadap Hib, pneumokokus, campak dan batuk rejan (pertusis) merupakan cara yang paling efektif untuk mencegah pneumonia.

Pemberian gizi yang cukup merupakan kunci pertahanan alami anak. Dimulai dari pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama sebagai cara efektif mencegah pneumonia. Selain itu jika anak sudah tertular, pemberian ASI dapat mempercepat proses penyembuhan.

Menjaga kebersihan rumah terutama udara dalam ruangan, ventilasi yang cukup, gunakan alat pembersih udara jika memungkinkan, dan meningkatkan kesadaran cara hidup sehat pada anggota keluarga.

Pada anak terinfeksi HIV, antibiotik kotrimoksazol diberikan setiap hari untuk mengurangi risiko tertular pneumonia.

Pada 2009, WHO dan UNICEF meluncurkan Global action plan for the prevention and control of pneumonia (GAPP) atau tindakan global untuk mencegah dan mengontrol pneumonia. Terdiri dari:

  1. Protect. Lindungi anak-anak dari pneumonia termasuk mempromosikan pentingnya ASI, mencuci tangan dan mengurangi polusi udara dalam ruangan.
  2. Prevent. Mencegah dengan vaksinasi.
  3. Treat. Memfokuskan bahwa setiap anak yang terjangkit pneumonia berhak mendapatkan perawatan yang dibutuhkan, antibiotik dan oksigen sampai sembuh.

(Berbagai sumber)

SHARE