Pneumonia Bunuh 1,6 Juta Anak Setiap Tahun

0
44

.Radang paru-paru atau pneumonia adalah suatu bentuk infeksi pernapasan akut yang mempengaruhi paru-paru. Paru-paru terdiri dari kantung kecil yang disebut alveoli, yang terisi udara ketika orang sehat bernapas. Jika terserang pneumonia, alveoli terisi oleh nanah dan cairan, yang membuat rasa sakit saat bernapas.

Pneumonia adalah penyebab terbesar kematian pada anak-anak di seluruh dunia. Setiap tahun diperkirakan 1,6 juta anak di bawah usia lima tahun meninggal. Pneumonia banyak terjadi di Asia Selatan dan sub-Sahara Afrika. Anak-anak dapat terlindung dari pneumonia melalui intervensi sederhana, perawatan berbiaya murah, pengobatan dan perawatan menggunakan teknologi sederhana.

Pneumonia tersebar melalui virus, bakteri atau jamur. Penyakit ini bisa didahului oleh infeksi hidung dan tenggorokan lalu menyerang ke paru-paru beberapa hari setelahnya. Dapat juga tersebar melalui udara dari batuk penderita, penggunaan alat makan-minum dan sapu tangan secara bersama-sama dan melalui darah terutama pada saat melahirkan. Dan butuh riset lebih lanjut untuk mengetahui cara penyebaran lainnya.

Gejala pneumonia biasanya; kesulitan bernapas, batuk, demam, menggigil, hilang nafsu makan, bersin, sesak napas/bengek, muntah, sakit pada dada, sakit pada perut, aktifitas menurun, dan pada kasus yang ekstrim timbul warna kebiruan pada kuku atau bibir.

Penyakit ini dapat diobati dengan antibiotik. Obat bisa didapatkan dari pusat kesehatan atau rumah sakit. Tetapi menurut WHO, kurang dari 20% anak-anak yang mengidap pneumonia mendapat antibiotik yang dibutuhkan. Rawat inap dianjurkan bagi bayi berusia dua bulan atau kurang dan juga dalam kasus yang sangat parah.

Untuk mengetahui bagaimana cara pencegahannya lanjutkan di artikel Mencegah Pneumonia

(Berbagai sumber)

SHARE