Universal Access and Human Rights untuk AIDS

0
56

.Dimulai pada 1 Desember 1988 saat pertemuan menteri kesehatan sedunia. Sejak itu mulai diperingati oleh pemerintah, organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia, setiap awal Desember adalah hari AIDS.

Hari AIDS merupakan suatu cara untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan penyebaran virus HIV. Secara lebih rinci hari AIDS sebagai pengingat untuk pengumpulan dana, meningkatkan kesadaran, menghilangkan prasangka dan mendidik.

Menurut perkiraan UNAIDS (Joint United Nations Program on Acquired Immune Deficiency Syndrome) 33,3 juta orang hidup dengan HIV (Human Immunodeficiency Virus, penyebab AIDS), termasuk didalamnya 2,5 juta anak-anak. Selama 2009, 2,6 juta orang terinfeksi HIV dan diperkirakan 1,8 juta telah meninggal karena AIDS.

Tahun ini hari AIDS sedunia bertemakan “Universal Access and Human Rights“, Para pemimpin dunia telah berjanji untuk bekerja menuju akses universal untuk pengobatan HIV dan AIDS, pencegahan dan perawatan, serta mengakui hal ini merupakah hak dasar manusia. Kemajuan berharga telah dicapai dalam meningkatkan akses layanan HIV dan AIDS, namun komitmen yang lebih besar masih diperlukan untuk akses yang benar-benar universal. Jutaan orang terus terinfeksi HIV setiap tahun. Di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah, kurang dari setengah penderita yang mendapatkan terapi obat antiretroviral, dan masih banyak yang tidak memiliki akses ke perawatan yang memadai.

Perlindungan hak asasi manusia adalah dasar untuk memerangi HIV global dan epidemi AIDS. Pelanggaran terhadap hak asasi manusia menjadi bahan bakar penyebaran HIV. Dengan mempromosikan hak asasi manusia, infeksi baru dapat dicegah dan orang yang terinfeksi HIV dapat hidup bebas dari diskriminasi.

Hari AIDS sedunia memberikan kesempatan bagi kita semua untuk mengambil tindakan dan memastikan bahwa hak asasi manusia, target global untuk HIV/AIDS, pengobatan dan perawatan terpenuhi. AIDS adalah ancaman bagi pria, wanita dan anak-anak di seluruh dunia.

(Berbagai sumber)

SHARE