Antara Hobi, Uang, dan Nyawa

0
58

.Colin Watson (63) tidak hanya salah seorang kolektor terbesar di dunia, namun juga merupakan penjahat paling dicari oleh organisasi masyarakat pelindung burung, RSPB, Inggris.

Pria yang semasa hidupnya berdomisili di Selby, Inggris, ini mengoleksi lebih dari 2.200 telur. Bukan sembarang telur, melainkan merupakan telur dari burung pemangsa dan burung gagak langka.

Sejak 1981, Colin telah menggeluti hobi, sekaligus pekerjaan ilegalnya tersebut. Empat tahun kemudian, RSPB menggerebek rumah sang kolektor dan menemukan ribuan telur langka ‘bersarang’ di rumahnya, seperti spesimen gagak emas, osprey, sparrowhawk, dan red kite.

Pada tahun 1985, Colin dibawa ke hadapan hakim di Selby. Dia tidak bisa membuktikan legalitas kepemilikan koleksinya tersebut. Hal ini melanggar Undang Undang Margasatwa dan Kehidupan Pedesaan.

Sebagai ‘penghormatan’ terhadap koleksi-koleksinya, Colin kerap mengeluarkan uang total sejumlah ? 5.650 sebagai denda yang harus dibayarkan ke pengadilan. Meski telah meninggal pada 2006 silam, kisah dan jejaknya selama hidup menarik untuk diketahui. Colin meninggal akibat jatuh saat memanjat sebuah pohon di hutan Yorkshire. Aksi terakhirnya tersebut dicurigai sebagai usaha untuk menambah koleksinya.

Ternyata, mengoleksi telur itu memerlukan biaya besar dan berbahaya bagi keselamatan nyawa.

(Berbagai sumber)

SHARE