Keputusan Wasit Terburuk Dalam Sejarah Sepak Bola 2

0
54

.Sambungan artikel dengan judul yang sama. Berikut adalah nomor yang ke 6
– 1

6. Fabiano ungguli Maradona dengan dua kali handball
Wasit asal Perancis Stephane Lannoy telah diperdaya oleh Luis Fabiano yang terekam oleh kamera dua kali handball, sebelum akhirnya mencetak gol ketiga bagi Brasil pada laga piala dunia 2010 dengan skor akhir 3-1 saat melawan Pantai Gading.

Lannoy juga terekam tertawa saat berbicara dengan striker Brasil tersebut mengenai cara dia mengontrol bola sehingga mencetak gol.

Stephane Lannoy kepada koran L’Equipe,”Saya tidak yakin apakah bahu atau dengan tangan dia mengontrol bola. Karenanya saya tanyakan langsung ke Fabiano. Dan katanya ia menggunakan dada. Karena itu golnya saya sahkan. Namun setelah pertandingan saya menyadari, Fabiano telah berbohong.” Peristiwa selengkapnya klik video

Lannoy tertipu lagi pada pertandingan liga champion, ketika Barcelona melawan Copenhagen. Jose Pinto menirukan suara peluit untuk membuat bingung penyerang lawan.

Pinto akhirnya dikenai larangan dua pertandingan karena melakukan tindakan tidak sportif dengan menipu penyerang lawan, Cesar Santin yang mengira Lannoy membunyikan peluit, tanda ia offside. Peristiwa selengkapnya klik video

5. Penalti hantu
Emerson Acuna tidak begitu terkenal di luar Kolombia sampai Desember 2008, saat striker ini melakukan diving yang sangat jelas dan berhasil menipu wasit.

Pemain yunior Atletico yang dijuluki “The Parasite“, menjatuhkan dirinya ke tanah tanpa ada sentuhan apa pun dari pemain lawan, America da Cali.

Wasit pertandingan mengejutkan semua orang, meski memiliki pandangan yang jelas terhadap kejadian, namun ia tetap memberikan hadiah penalti. Dan tuan rumah unggul dengan 2-1.

Namun Acuna tidak dapat lolos sepenuhnya saat ia diberi kartu merah dalam suatu insiden di pertandingan ini. Peristiwa selengkapnya klik video

4. Babak kedua tercepat
Wasit Wolf Dieter Ahlenfelder dari Jerman membuat keputusan yang aneh dalam pertandingan Bundesliga antara Werder Bremen dan Hannover 96 di tahun 1975.

Kesalahannya yaitu ia meniup peluit babak pertama selesai pada menit ke-29 yang seharusnya 16 menit lagi. Namun hakim garis memberitahukan kesalahannya. Dilaporkan oleh wartawan Jerman, Eberhard Spohd.

Setelah akhirnya babak pertama selesai, Ahlenfelder hanya terdiam menghadapi kamera wartawan. Presiden Bremen, menyindir:”Untuk tambahan pertunjukkan ini, kita bisa dikenakan biaya tambahan.”

Sphod berkata bahwa Ahlenfelder menyangkal bila ia meminum alkohol, tetapi kemudian ia mengaku mengkonsumsi Schnapps (minuman beralkohol yang dibuat dari penyulingan buah. Dengan kandungan alkohol minimal 32%).”Kami pria– kami tak minum fanta.” Kata Ahlenfelder. Maaf tidak ada videonya, karena pertandingannya terlalu bahela.

3. Gol yang dianyulir
Wasit dari Skotlandia Les Mottram tetap terpilih sebagai wasit piala dunia 1994 meskipun ia melakukan kesalahan yang memalukan di laga domestik setahun sebelumnya.

Mottram gagal mensahkan gol tendangan pemain Dundee United, Patrick Connolly, yang menendang keras ke pojok kiri gawang namun berbalik keluar karena mengenai tiang dalam gawang dan ditangkap oleh pemain Partick Thistle lalu diserahkan ke kipernya. Tetapi wasit Mottram malah memerintahkan pertandingan agar terus dilanjutkan. Peristiwa selengkapnya klik video

Pada piala dunia di Amerika Serikat, Les Mottram juga memutuskan sesuatu yang aneh yaitu perpanjangan waktu yang sangat panjang, 13 menit, pada pertandingan Bolivia vs Korea Selatan dengan hasil akhir 0-0. Setelah piala dunia, ia  malah dikontrak menjadi wasit di J-League.

2. Gol tanpa melewati garis gawang
Dalam divisi kedua liga Inggris tahun 2008, pertandingan antara Watford dan Reading. Kesalahan terjadi ketika Reading dianugerahi gol untuk tendangan yang sama sekali tidak melewati garis gawang.

Penjaga garis Nigel Bannister menyakinkan wasit Stuart Attwell bahwa bola telah melewati garis gawang. Wasit yang sudah pensiun, Poll, menulis di kolomnya di Daily Mail:”Kejadian itu merupakan situasi yang sangat aneh, saya tak pernah melihat peristiwa seperti itu selama 40 tahun menonton bola dan 27 tahun menjadi wasit.” Peristiwa selengkapnya lihat video

1. Gol yang tidak pernah terjadi
Clattenburg memiliki reputasi untuk menjadi salah satu wasit terbaik Inggris. Ia menjadi orang Inggris termuda yang berhasil masuk dalam daftar wasit internasional FIFA, dalam usia 30 di 2006. Tapi setahun sebelumnya ia dicerca oleh pendukung Tottenham karena tidak mensahkan gol hasil tendangan spekulatif Pedro Mendes dari tengah lapangan.

Dalam tayangan ulang, Carol, kiper MU terlihat tidak dapat menangkap bola dengan cermat, sehingga bola meluncur ke dalam gawang dan ia secara reflek menghalau bola kembali ke luar. Pertandingan ini berakhir tanpa gol. Peristiwa selengkapnya lihat video

Clattenburg diskors dari wasit selama delapan bulan sejak Agustus 2008 bukan karena masalah kepimpinannya namun karena kegiatan bisnisnya.

(Berbagai sumber)

SHARE