Rock The House

0
39

.Dalam sepanjang rentang sejarah desain rumah, inovasi bangunan dengan atap rumput dan tanaman hijau mungkin bukanlah sesuatu yang baru. Namun ada yang istimewa dari bangunan rumah yang satu ini. Di satu sisi bangunan tembok dan kaca rumah ini terlihat seperti melompat dari bebatuan besar yang mengelilinginya, sedangkan di sisi lain rumah ini terlihat seolah-olah bersarang dalam kokohnya batu tersebut. Desain the Pierre House tak menjadikan unsur alam sebagai unsur tambahan, justru sebaliknya, kehadiran sang rumah menjadi pelengkap bagi lingkungan sekitarnya.

Pierre adalah ungkapan dalam bahasa Perancis yang mengacu pada kata sifat keras. Kecintaan Merrill Wright sang pemilik rumah terhadap bebatuan dan indahnya pemandangan dari puncak bukit San Juan adalah inspirasi utama bagi Olson Kundig Architects untuk membangun rumah yang mampu meleburkan batas antara tempat hunian dengan lingkungan sekitar. Inilah yang membedakan the Pierre House dengan rumah indah berkonsep natural lainnya.

Ruang tengah adalah pusat atraksi dari rumah ini, tempat dimana permukaan batu besar yang mendesak masuk ke dalam ruangan menghadirkan nuansa yang kontras dengan berbagai furniture bermaterial lembut dan mewah di dalam ruangan. Perapian yang menjadi nadi dan menghangatkan ruang tengah serta kamar mandi utama yang ada di the Pierre House semuanya terbuat dari ceruk kecil yang dipahat dari batu besar dan sekali lagi memberikan penekanan bahwa batu (dan lingkungan sekitar) adalah bagian essensial yang tak terpisahkan. Indah, tersusun rapi, dan saling melengkapi. Sungguh sebuah harmoni yang sempurna.

The Pierre House
San Juan Islands, WA, 2010 – USA.

(Berbagai sumber).

SHARE