Aplikasi iPhone Selamatkan Nyawa

0
22

.Adalah Xavier Jones yang nyawanya berhasil diselamatkan berkat sebuah aplikasi iPhone oleh sang pelatih. Pelatih SMA La Verne Lutheran Eric Cooper belajar melakukan pertolongan pertama dari Phone Aid, sebuah aplikasi pertolongan pertama seharga $1.99 yang dia unduh dari internet.

Jones tiba-tiba roboh dan tidak bernafas sehari sebelum Hari Thanksgiving di sekolahnya yang terletak 40 mil arah timur di pusat kota Los Angeles. Berkat pertolongan yang sigap dari sang pelatih Eric Cooper dan asistennya John Osorno yang membantu melakukan cardiopulmonary resuscitation/ CPR (menekan dada korban hingga bernafas), Jones kembali bernafas.

Cooper menjelaskan bahwa dia belajar CPR dari aplikasi iPhone, Phone Aid, malam sebelumnya. “Masih segar sekali dalam ingatan saya”, jelas Cooper kepada Los Angeles Time. “Kami memang terlatih melakukan CPR, tapi aplikasi tersebut mengingatkan kami kembali”.

Sang bapak yang bersyukur, David Jones mengatakan kepada San Gabriel Valley Tribune bahwa sang pelatih telah menyelamatkan putranya.

Jones mengungkapkan kepada LA Times hari Rabu lalu bahwa dia tidak ingat apapun hingga bangun dari koma 24 jam kemudian. “Saya sangat bersyukur masih hidup.”, kata remaja Corona tersebut. Jones menderita hypertrophic cardiomyopathy, dimana terkadang aliran darah dalam jantungnya menyempit. Dokter menyarankan untuk menjadi penerima donor, namun keluarganya masih mencari pendapat kedua.

Ternyata aplikasi ponsel ada gunanya juga ya?

(Berbagai sumber)

SHARE