Food for Your Face

0
46

.Makanan cepat saji dan manis memang jauh lebih menggiurkan daripada sayur-sayuran atau hidangan organik lainnya, tetapi juga jauh lebih mempercepat penuaan dini pada kulit anda. Saat anda beralih ke diet, umumnya keadaan akan bertambah buruk, karena diet yang salah membuat tubuh kurang nutrisi. Akibatnya, kulit menjadi kering, kusam, berjerawat dan timbul lingkaran hitam di bawah mata. What a nightmare! Lalu bagaimana cara agar tidak serba-salah? Tak perlu resep yang rumit, anda hanya perlu mengkonsumsi dan memanfaatkan makanan-makanan masuk akal yang menguntungkan kulit anda.

1. Strawberry
Strawberry memiliki kandungan vitamin C dan antiaging yang lebih banyak dari jeruk atau grapefruit. Penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa orang yang makan makanan kaya vitamin C memiliki kulit lebih lembab dan kerutan lebih sedikit dibanding dengan mereka yang tidak. Vitamin C akan melawan radikal bebas, sehingga jumlah kolagen tetap terjaga dan mengurangi garis-garis kasar pada kulit. Strawberry smoothie yang terdiri dari campuran buah strawberry segar, plain yoghurt dan madu selain lezat untuk diminum, dapat dijadikan masker yang menyegarkan kulit lelah anda. Oleskan merata pada permukaan wajah dan leher, diamkan selama 8 menit lalu bilas. Kulit yang muda dan kenyal jadi milik anda!

2. Pumpkin
Karoten yang kita kenal terkandung di wortel, ternyata banyak dimiliki oleh labu berwarna jingga. Karoten ini berguna untuk memerangi pigmen kerutan, menetralkan radikal bebas dan memperlambat penuaan. Selain karoten, labu juga mengandung vitamin A, C, E dan enzim yang kuat yang membantu membersihkan kulit. Lebih spesial lagi, labu memiliki kemampuan besar untuk melembabkan kulit. Untuk membuat masker yang melembutkan kulit wajah, campurkan 2 cangkir labu kalengan atau labu segar yang sudah dikukus, 4 sendok makan low-fat yoghurt dan 4 sendok makan madu ke dalam food processor, oleskan di wajah selama 10 menit lalu bilas. Selain masker, anda dapat memperbanyak konsumsi puding labu dan kuaci dari biji labu sebagai cemilan ringan yang kaya manfaat.

3. Green Tea
Selain menenangkan, teh hijau terkenal memiliki antioksidan yang tinggi. Penelitian dari Case Western Reserve University dan University of Alabama di Birmingham menunjukkan bahwa minum teh hijau dapat mengurangi resiko kanker kulit. Minum tiga cangkir teh hijau setiap hari akan menyegarkan kulit dan membunuh lemak jahat pemicu jerawat yang terletak bawah lapisan kulit. Tiga cangkir teh hijau sehari cukup sebagai antioxidant booster yang ampuh, tetapi jangan buang kantung teh-nya. Dinginkan kantung teh yang lembab ke dalam lemari pendingin lalu letakkan pada mata selama 10-15 menit untuk mengurangi bengkak dan lingkaran hitam.

4. Olive Oil
Jika dikonsumsi rutin, minyak zaitun adalah antioksidan yang baik, obat pencegah radang dan baik untuk diet. Gunakan saat memasak sebagai pengganti minyak kelapa dan sebagai dressing salad yang sehat. Sifat anti-inflamasi yang dimiliki oleh minyak zaitun tak hanya memberi keuntungan pada tubuh bagian dalam, tetapi juga melembutkan kulit. Orang Romawi Kuno sering memijat tubuh mereka menggunakan minyak zaitun untuk mendapatkan kulit mulus yang bercahaya. Selain itu minyak ini juga dapat mengurangi stretchmark dan membasmi tumit yang pecah-pecah. Oleskan minyak zaitun secara teratur sebagai lipgloss dan pelembut kulit sebelum tidur, terutama untuk anda yang berkulit sangat kering.

5. Pomegranate
Tak hanya manis dan enak dimakan, buah delima ternyata memiliki sejuta khasiat istimewa bagi kulit anda. Penelitian di University of Pittsburg menunjukkan bahwa jus buah tropis ini memiliki antioksidan lebih banyak dari anggur merah atau teh hijau. Wow! Campurkan 2 sendok makan biji buah delima dengan 1 cangkir oatmeal, tambahkan 2 sendok makan madu dan buttermilk. Haluskan dengan food processor dan gunakan sebagai scrub seminggu sekali agar sel kulit mati luruh dan wajah lebih lembut berseri.

Mudah kan? Siapa bilang perlu biaya mahal dan perlengkapan rumit untuk menciptakan kulit wajah sehat berkilau? Kuncinya adalah alami, keseimbangan dan konsistensi.

(Berbagai sumber)

SHARE