Jerawat Merajalela Pada Bayi

0
60

.Bayi yang baru lahir sering mengalami permasalahan jerawat. Bedanya, jerawat pada bayi tersebut tidak memerlukan perawatan khusus seperti yang terjadi pada anak remaja pada umumnya.

Mengapa bayi bisa berjerawat? Pada awalnya, para peneliti berpendapat, bahwa hal ini terjadi sebagai akibat dari stimulasi kelenjar pembuat minyak di kulitnya setelah mendapatkan hormon dari ibunya. Dikatakan, bahwa hormon sang ibu masuk ke bayi melalui plasenta. Hormon tersebut membentuk kelenjar minyak pada kulit bayi, yang membuatnya terlihat seperti bintil-bintil kemerahan. Teori ini sudah banyak diragukan.

Kini muncul teori baru yang menyebutkan, bahwa jerawat terbentuk dari reaksi yang berlebihan terhadap ragi, Malassezia, di kulit bayi. Fluktuasi hormon pun dapat berperan dalam perkembangan jerawat bayi.

Jerawat bisa muncul setelah tiga minggu kelahiran atau bahkan dari awal kelahirannya. Bayi laki-laki cenderung lebih rentan mendapatkannya dibanding anak perempuan. Jenis jerawat yang kerap ‘mengganggu’ bayi adalah papula dan pustula. Papula merupakan benjolan bulat kemerahan yang padat dan muncul dari kulit. Bentuknya seperti bintil merah. Papula mungkin akan lebih ‘mencemaskan’, karena dilengkapi oleh nanah.

Sebagai orangtua baru, tentu Anda cemas bila kulit di sekitar kepala si kecil – dagu, dahi, pipi, dan masih banyk lagi – tertutup oleh banyak bercak ataupun bintil merah. Apalagi mengingat, Anda dan pasangan tidak pernah berjerawat. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Jerawat bayi bukan disebabkan oleh unsur genetis dan akan menghilang dengan sendirinya setelah melewati beberapa minggu.

Bila Anda masih ‘gatal’ ingin membersihkan muka anak, Anda bisa melakukan perawatan muka padanya. Bersihkan muka bayi sedikitnya sehari sekali menggunakan air dan sabun bayi yang aman dipakai. Tepuk-tepuklah bagian yang berjerawat. Jangan digosok atau bahkan dipencet. Ini akan membuat jerawat menjadi lebih mengerikan lagi.

Meski terlihat kurang ‘cantik’, jerawat tidak berbahaya bagi kesehatan si kecil.

(Berbagai sumber)

SHARE