Bandra, Pesona Bandar India

0
34

.Kota Mumbai bagian Selatan itu bagus, dalam artian sebagus rumah kakek-nenek. Benda-benda antik terususun rapi dan ada banyak hal di sana-sini. Tapi ya begitu, sedikit berdebu dan terkesan agak uzur. Sekarang trendnya pindah ke Mumbai bagian Utara, ke daerah Bandra lebih tepatnya.

Daerah yang mendapat julukan sebagai queen of the suburbs ini terkenal karena kehidupan kosmopolitannya. Bar, resto, galeri seni, dan coffee shop banyak bersemi di sepanjang Hill Road, Linking Road dan Carter Road, membuat pemerintah Perancis, Inggris, dan Amerika tak kuasa menahan godaan untuk meliriknya, dan akhirnya memindahkan kantor konsulatnya di Bandra.

Bandra sendiri kemungkinan besar mendapatkan namanya setelah mengadaptasi kata Bandar, sebuah kata dari bahasa Persia yang artinya adalah pelabuhan. Namun tak semua pihak setuju dengan gagasan itu karena orang-orang India sendiri mengangggap Bandra mendapatkan namanya dari kata Vandre, yang dalam bahasa Marathi artinya juga pelabuhan. Selain kata Bandar, bangsa Portugis juga memberi peninggalan lain yang tak kalah berharga, yaitu beberapa bangunan gereja lengkap dengan facade bergaya Portugis. Gereja St. Andrew adalah salah satu contohnya. Dalam hal peninggalan bangunan gereja, bangsa Portugis termasuk royal karena sampai sekarang daerah Bandra terkenal sebagai satu-satunya tempat yang memiliki bangunan gereja Katolik Roma terbanyak di dunia, serta pemilik Basilica of Mount Mary yang terkenal di mana-mana. Selain berbagai gereja peninggalan Portugis, Bandra juga dikenal dengan Tata Agiary, yaitu sebuah bangunan Kuil Api peninggalan bangsa Persia yang dulu juga pernah berkuasa di daerah Bandra.

Kawasan suburban Bandra juga terkenal dengan pantai di sepanjang Carter Road, serta Bandstand yang terkenal sebagai lintasan jogging pinggir pantai yang sekonsep dengan Ipanema dan Copacabana di Rio de Janeiro. Kalau Anda kebetulan adalah seorang penikmat film Bollywood, maka Anda akan berbahagia karena daerah Bandstand dipagari oleh berbagai bungalow dan flat mewah milik bintang film paling terkenal Bollywood.

Primadona, kiblat dan roda penggerak utama kemajuan kota ini terletak pada kuatnya fondasi Bandra?Worli Sea Link, sebuah jembatan modern yang membelah laut dan menghubungkan Bandra dengan saudara-saudaranya di kawasan Mumbai dan kota lainnya di India. Bandra… Daerah suburban yang menjanjikan, dan mempesona dengan kehidupan kosmopolitannya.

(Berbagai sumber)

SHARE