Fantasi Menjadi Yang Tertinggi

0
37

.Tak lama setelah dicabutnya larangan membangun gedung pencakar langit di kota Paris, sebuah biro arsitek asal Swiss yang bernama Herzog & de Meuron melansir gambar desain gedung pencakar langit berbentuk piramid setinggi 50 lantai yang direncanakan akan menghiasi kota Paris pada tahun 2014 nanti.

Kalau boleh mengikuti kata hatinya, mungkin semua manusia ingin terus bisa naik ke atas, dan bisa melihat sejauh mungkin sampai ujung dunia. Raja Nimrod pernah melakukannya dengan proyek Menara Babel miliknya. Membangun gedung setinggi langit tentu saja bukan hanya obsesi milik Raja Nimrod ataupun Herzog & de Meuron. Kini Sindrom Menara Babel ini juga menjangkiti hampir semua arsitek, kepala negara, serta pemimpin industri di hampir semua benua.

Saat ini rekor pemilik gedung tertinggi masih dipegang oleh Uni Emirat Arab dengan gedung Burj Khalifa yang berdiri tegak setinggi 162 lantai di kota Dubai. Namun gelar itu mungkin tak akan bertahan lama karena saat ini telah banyak negara yang mengincarnya. Karena membangun gedung tinggi bukan hanya sekedar prestasi, tapi juga gengsi. Itulah kenapa justru negara-negara berkembang yang terlihat begitu bersemangat untuk mengembangkan konsep going up ini. Mereka tak hanya sekedar ingin membangun gedung tinggi, tapi juga menunjukkan harga diri.

Sampai menjelang penghujung tahun 2010 ini, Cina telah memiliki 36 gedung pencakar langit dan disusul oleh Uni Emirat Arab yang tercatat memiliki 33 gedung yang terdaftar dalam the tallest skyscrapers by architectural detail. Keduanya sama-sama masih dalam kategori developed country, meskipun telah banyak juga yang menyebut mereka the newly industrialized countries. Persaingan yang lebih sengit akan ditunjukkan di tahun-tahun yang akan datang dengan Cina yang telah menjadwalkan pembangunan 18 gedung pencakar langit baru, dibuka dengan appetizer berupa desain gedung Gate of the Orient setinggi 301 m, 68 lantai, dan diproyeksikan selesai tahun 2013 di kota Suzhou. Cina juga telah menyiapkan menu utamanya yaitu proyek gedung Pingan International Finance Centre yang tingginya mencapai 648 m dan akan menghiasi kota Shenzhen pada tahun 2015. Gedung ini nantinya akan menjadi gedung tertinggi di daratan Cina, namun tetap jadi nomor dua setelah the Burj Khalifa.

(Berbagai sumber).

SHARE