Tipe Tenda Untuk Berkemah

0
58

.Berbicara tentang tenda, mungkin Anda sering merasa bingung harus menyewa atau bahkan membeli tenda yang bagaimana? Bentuk, ukuran, bahan, dan jenis tenda bisa menjadi parameter dalam memilih. Banyak toko penjual tenda mementingkan berat kemasnya, dimensi, dan kapasitas dalam ‘ruang’ tenda tersebut. Ada tiga pembagian besar mengenai tenda untuk kemah.

Tenda Kerucut
Sesuai namanya, tenda ini mengerucut pada bagian atas, layaknya sebuah atap rumah. Tenda kerucut memiliki sisi-sisi yang menurun dengan curam – bentuk tenda tradisional pada umumnya. Ukurannya bermacam-macam, namun pada umumnya, tenda ini hanya dapat digunakan tidur oleh satu hingga tiga orang dewasa di dalamnya. Strukturnya yang sederhana membuatnya dapat ditegakkan dengan mudah.

Tenda Kerangka
Bentuknya lebih besar dan cocok digunakan untuk seluruh anggota keluarga. Kerangka tenda ini sangat kokoh dan terdiri dari pasak-pasak berbentuk pipa yang saling dimasukkan ke dalam pipa pasak yang lain. Setelah rangka terbentuk, kanvas cukup digantungkan di atasnya. Berbeda dengan tenda kerucut yang dapat menegakkan tenda, maka pasak dan tali digunakan untuk mencegah tenda lepas, tertiup angin kencang. Tenda kerangka pada awalnya merupakan jenis tenda yang sangat berat dan rentan bocor, bila kain kanvasnya tersentuh tangan, meski kini telah banyak tenda kerangka yang jauh lebih baik.

Tenda Kubah
Jenis tenda yang paling digemari dan menjadi favorit banyak orang dewasa ini adalah tenda kubah. Bentuknya tentu saja seperti kubah. Tidak mengerucut lancip, tapi melengkung membentuk setengah lingkaran. Kekuatan dan kekokohan tenda ini tidak bergantung hanya dari satu faktor saja, namun merupakan gabungan dari bahan, tiang, tali, dan pasak. Pasak tenda sendiri terbuat dari serat karbon. Bisa dikatakan, tenda kubah menjadi tenda teringan bila dibandingkan dengan tenda jenis lain yang seukuran dengannya. Rendah dan bentuknya yang melingkar menjadikan tenda tersebut tahan terhadap ‘sapuan’ angin kencang. Sayang, kapasitas ruang yang dapat digunakan di dalamnya tidaklah banyak.

Jangan tergesa-gesa dalam menentukan tenda. Pastikan Anda merasa aman dan nyaman saat berada di luar rumah dalam ‘lindungan’ tenda pilihan Anda.

(Berbagai sumber)

SHARE