Berlindung di Bawah Daun Pisang Brazil

0
115

.Rumah yang lain dari biasanya dapat terlihat tidak hanya dari warna cat dindingnya saja, namun juga dari bentuk genting di atapnya. Contohnya adalah berbagai macam atap tradisional, seperti atap khas Toraja, joglo, atap khas perumahan Cina, dan sebagainya.

Jauh di daerah Rio de Janeiro, Brazil sana terdapat sebuah rumah pantai yang dibangun khusus untuk menyelaraskan diri dengan alam. Terinspirasi dari arsitek India asal Brazil, maka Mareines dan Patalano mendesain rumah ini.

Hal yang paling menarik dari rumah tersebut, tentu saja, terletak pada atapnya. Atap berbentuk bunga besar terlihat seperti jatuh dan berbaring menutupi keseluruhan bangunan dari atas. Bentuknya sangat mirip dengan daun pisang tropis. ‘Daun’ yang lebar ini dapat melindungi para penghuninya dari panas terik matahari dan air hujan.

Selain unik, atap ‘daun pisang’ tersebut juga diciptakan agar dapat mendaur ulang air hujan. Sangat ramah lingkungan, bukan? Konsep open air membuat orang-orang yang berada di dalamnya mendapatkan kesegaran udara langsung dari alam. Ventilasi alami yang baik dan sehat untuk tubuh.

Kesan ‘hijau’ ditonjolkan dengan menyelesaikan seluruh keperluan interior menggunakan kayu, bebatuan, dan segala kain berbahan alam. Rumah daun tepi pantai ini dapat dan cocok digunakan sebagai tempat berkumpul bersama seluruh anggota keluarga saat libur Natal ataupun untuk melewati malam tahun baru bersama.

(Berbagai sumber)

SHARE