Chrome, Pilihan Baru OS dari Google

0
35

.Usaha Google untuk melampaui Microsoft mulai bertambah. Setelah berhasil menelurkan Goggle Docs, sebuah aplikasi saingan Microsoft Office, kali ini Google meluncurkan sistem operasi Chrome untuk menyaingi Microsoft Windows.

Sayangnya, Chrome yang diluncurkan bukanlah sebuah sistem pengoperasian penuh, tapi hanya sebuah program perdana (pilot programme). Target penggunanya adalah orang-orang yang selalu online. Menurut rencana akan Chrome akan mulai beroperasi tahun depan.

Layaknya sebuah sistem operasi, Chrome menawarkan dukungan terhadap perangkat keras dan aplikasi komputer. Selain itu, Chrome juga menargetkan pengguna yang sering menghabiskan waktunya di dunia maya dan mengandalkan internet.

Menurut COO Google Eric Schimdt, “Kami pikir para pengguna komputer akan mendefinisikannya sendiri. Akhirnya pengguna komputer mempunyai pilihan ketiga untuk sistem operasi komputernya”.

Sundar Pichai, kepala produk Google Chrome mengatakan bahwa program perdana ini ditargetkan untuk para pengguna amatir, pengembang dan pengguna yang terbiasa dengan perangkat lunak beta. Mereka akan diberikan notebook hitam tidak bermerk yang bernama Cr-48.

Pichai juga mengatakan bahwa tidak akan ada produk yang dijual hingga tahun depan, karena perangkat lunaknya masih dalam tahap pengembangan.

“Ini merupakan perubahan yang mendalam”, kata Pichai. Dia juga mengklaim bahwa sistem operasi Google mencoba merubah pemikiran pribadi penggunanya untuk internet modern. Pichai juga menambahkan bahwa Chrome adalah internet.

Dikabarkan juga bahwa notebook dengan Chrome OS akan segera dijual, termasuk dari Acer dan Samsung yang akan mengeluarkan produknya tahun 2011 nanti. Harga belum dapat dipastikan.

(Berbagai sumber)

SHARE