Indonesia Singkirkan Thailand 2-1

0
29

.Hilang sudah kesempatan Thailand melaju ke semifinal, dan kemungkinan sang pelatih, Bryan Robson akan dipecat. Kondisi sebaliknya menghinggapi kubu Indonesia. Kemenangan kali ini menjadikan tim Merah Putih sebagai satu-satunya tim yang meraih nilai sempurna dan menerima bonus 500 juta rupiah dari PSSI karena telah berhasil lolos ke semifinal.

Alfred Riedl sengaja tidak menurunkan Firman Utina, Ahmad Bustomi dan Hamka Hamzah karena Indonesia sebelumnya sudah memastikan tempat di semifinal. Ia juga menginstrusikan untuk bermain lebih bertahan dan lakukan counter attack saat ada kesempatan. Tanpa kehadiran ketiga pemain inti tersebut dan instruksi pelatih, babak pertama didominasi oleh Thailand.

Pada 45 menit, kedua, Thailand yang harus menang dalam pertandingan ini terus meningkatkan serangan. Baru di menit 68, Suree Sukha berhasil menendang bola ke arah pojok kanan kiper Markus. Gol!! 1-0 untuk tim Gajah Putih.

Pelatih timnas menginstrusikan kembali untuk mengubah cara bermain menjadi lebih terbuka. Bambang Pamungkas dimasukkan mengganti Irfan Bachdim menit ke-58. Untuk lebih menambah daya gempur, Riedl memasukkan Arif Suyono menggantikan Oktavanius Maniani yang bermain kurang impresif malam itu di menit 69.

Keputusan Riedl memang jitu, kesempatan muncul bagi Indonesia saat Gonzales dijatuhkan defender Thailand di kotak penalti. BP sebagai eksekutor berhasil melesakkan bola ke arah kanan gawang Sinthaweechai yang gagal mengantisipasinya. Kedudukan menjadi 1-1.

Arif Suyono, bintang masa depan Indonesia ini mampu mengecoh pemain Thailand dan melakukan tendangan keras ke arah gawang. Namun tendangan kerasnya berhasil di blok oleh Panupong dengan tangan di kotak penalti. Tanpa ragu wasit asal Jepang Sato Ryuji menunjuk titik putih untuk kedua kalinya dan memberikan kartu kuning kedua kepada Panupong.

Kembali Bambang dipercaya untuk mengeksekusinya. Tendangan kali ini tidak begitu keras namun dapat menipu kiper Sinthaweechai yang bergerak ke arah berlawanan. Gol!! 2-1 untuk Indonesia di menit 88.

Jika tim Merah Putih berhasil melaju ke final maka bonus tambahan Rp. 2 miliar siap diberikan. Bahkan ketua umum PSSI Nurdin Halid menjanjikan tambahan bonus Rp. 3 miliar jika berhasil meraih gelar juara AFF Suzuki Cup 2010. Semangat timnas!!

Kalahnya Thailand menjadi berkah bagi Malaysia yang berhasil menang melawan Laos 5-1 sehingga berhasil lolos ke semifinal.

(Berbagai sumber)

SHARE