Nada Merdeka Sudan

0
33

.Pada tanggal 9 Januari nanti warga Sudan Selatan akan melangsungkan referendum mengenai apakah akan tetap menjadi bagian dari Republik Sudan atau berdiri sendiri sebagai sebuah negara yang merdeka. Sebuah komite telah dibentuk untuk menyiapkan pemerintahan baru, bendera kebangsaan, dan kini sebuah lagu kebangsaan sedang dirangkai, dengan lirik dan musik yang merangkum citra dan cita-cita negara yang hanya tinggal menghitung hari diambang merdeka.

Sudan, resminya bernama Republic of Sudan, merupakan sebuah negeri yang berada di bagian selatan Afrika. Daerahnya sangat luas, malah terluas di antara semua kawasan di Afrika dan Arabia. Selain perang saudara, Sudan Timur dan Selatan juga dipisahkan oleh sungai Nil, sungai terpanjang di seluruh dunia. Setelah 17 tahun dilanda perang antar etnis, agama dan berbagai konflik ekonomi, akhirnya Sudan mulai menemukan titik terang melalui gerakan reformasi makro ekonomi dan tentunya kandungan minyak yang luar biasa banyak. 

Berwisata ke Sudan mungkin memang bukan pilihan utama para wisatawan. Namun berbagai piramid dan situs peninggalan kuno yang banyak bertaburan di daerah selatan adalah sebuah pemandangan yang sayang untuk dilewatkan. Selain itu  Anda juga tidak perlu bersaing dan berjejalan seperti yang Anda alami ketika mengunjungi komplek piramid di Mesir. Selain suasana alam yang sepi dan syahdu, ternyata Sudan juga menyimpan kejutan yaitu penduduknya yang sangat ramah dan bersahabat. Anda bisa merasakannya begitu memasuki kota Khartoum, ibu kota Sudan yang berada di tengah daratan luas ini. Selain keramahan khas Sudan di kota Khartum, Anda juga harus menyambangi daerah Suq di kota Omdurman, sebuah daerah yang dipenuhi dengan berbagai toko manik-manik,  perhiasan dan kerajinan perak khas Sudan. Satu kejutan lagi akan Anda temukan bila Anda beranjak ke arah timur laut, yaitu ke daerah Port Sudan, sebuah kawasan pelabuhan di tepi Laut Merah yang sangat indah, dengan air yang biru jernih dan terkenal sebagai tempat scuba diving. Bisamelakukan scuba diving di Sudan tentu saja sesuatu yang terdengar di luar angan-angan, namun begitulah adanya. Anda bisa menjelajahi perairannya, melihat keindahan dan ragam hewan airnya, sambil menyelam diantara bangkai-bangkai kapal yang telah menjadi terumbu karang.

Ternyata mengunjungi Sudan adalah sebuah pengalaman yang tak hanya menyenangkan, tapi juga penuh kejutan. Sungguh sebuah petualangan yang mendatangkan kesadaran.

(Berbagai sumber).

SHARE