Express Experience, Shinkansen…

0
30

.Di tahun 1930an, ada sebuah obsesi besar yang berkembang dari balik istana Jepang. Ambisi itu adalah menghubungkan Jepang dengan negar-negara di daratan Asia melalui rel panjang dan berliku kereta api. Ambisi itu tak pernah kesampaian, namun setidaknya ketika penyelanggaraan Olimpiade Tokyo di tahun 1964, Jepang bisa unjuk gigi dengan kereta Shinkansen-nya.

Dalam sejarah tradisional perkereta apian, butuh sekitar 7 jam untuk menempuh jarak Tokyo-Osaka. Namun semenjak kereta Shinkansen hadir di Jepang, waktu tempuh itu bisa dipangkas hingga separuhnya, dan kini masyarakat serta wisatawan bisa melakukan perjalanan Tokyo-Osaka kurang dari 3 jam.  Begitu pun dengan daerah-daerah lain di Jepang. Kereta Shinkansen tak hanya super cepat, tapi juga super efisien, dan sangat aman. Sampai hari ini, setidaknya jaringan kereta api milik Japan Railways Group ini telah mengangkut tak kurang dari 7 Milyar penumpang.

Satu hal yang diyakini oleh semua orang dan diamini oleh para ahli wisata adalah fakta bahwa perjalanan wisata dengan menggunakan Shinkansen adalah pilihan paling tepat, dan tentu saja akan menjadi salah satu pengalaman penuh kesan selama di Jepang. Stasiun kereta apinya sendiri adalah sebuah magnet wisata yang dilengkapi dengan berbagai shopping mall, food court, dan toko cindera mata. Sebelum menumpang Shinkansen, Anda akan menjumpai berbagai kotak bento yang dikemas dengan desain dan isi yang dibuat secara artistik, yang bisa Anda beli sebagai bekal perjalanan. Di dalam kereta, Anda akan disambut deretan kursi-kursi yang ergonomis, tempat dimana Anda bisa merebahkan punggung dan meluruskan kaki dengan santai. Dari balik jendela, Anda bisa menikmati berbagai menu masakan tradisional Jepang dalam bento box yang telah Anda pesan, sambil melihat berbagai panorama indah yang terbentang di sepanjang perjalanan yang mulus, tanpa goncangan.

Untuk bisa menikmati pengalaman menyenangkan ini, pastikan untuk memiliki sebuah kartu Japan Rail Pass yang bisa Anda dapatkan di Midori-no-mado-guchi (loket tiket) di semua stasiun kereta api milik jaringan Japan Railway (JR). Kartu Japan Rail Pass ini bisa Anda gunakan untuk menumpang semua jenis kereta Shinkansen, dari dan kemanapun tujuan Anda. Sebuah kartu 7-day pass harganya sekitar 28,300 Yen Jepang. Kalau kurang puas, Anda bisa memilih kartu 14-day pass atau 21-day pass. Have a nice and happy Shinkansen experience…

(Berbagai sumber).

SHARE