Lain Ladang, Lain Belalang

0
60

.Sebelum Natal tiba, mari kita berkeliling dunia untuk melihat siapa yang punya pohon natal paling trendy, paling edgy…

Di Santa Monica, California, berdiri sebuah mall bernama Edgemar Mall yang akhir-akhir ini ramai jadi pembicaraan. Mall yang desain bangunannya dibuat oleh Frank Gehry ini semakin mencuri perhatian setelah tak lama ini mendekorasi lobby mereka dengan sebuah pohon natal yang terbuat dari 86 kereta belanja. Yup, 86 buah kereta belanja asli, seperti yang biasa Anda dorong di pusat perbelanjaan. Anthony Schmitt adalah nama dibalik pohon natal kontroversial ini. Dengan penuh cita rasa seni, dia merangkai 86 kereta tersebut dan saling mengaitkannya hingga akhirnya berdirilah sebuah pohon natal besi setinggi 33 kaki.

Dibalik sensasi pohon natal dari besi setinggi 33 kaki ini, ternyata Anthony Schmitt ingin mengingatkan kita terhadap mereka yang terlupakan. Sebuah kereta belanja hanyalah alat yang biasa kita dorong untuk memudahkan kita dalam mengangkut barang belanjaan. Secara individual, keberadaannya tak banyak mencuri perhatian dan keindahan obyek ini jadi tersamarkan. Namun ketika 86 kereta disatukan, Anda tak mungkin melewatkan keindahannya. Kereta belanja juga melambangkan keberuntungan, kemurahan hati, dan kelimpahan. Sebuah reminder yang pas untuk mengingatkan kita pada mereka yang kurang beruntung, mereka yang sering kali terlupakan.

Selanjutnya kita akan mengunjungi negeri tirai bambu, Cina. Setiap menjelang akhir tahun negeri ini selalu diwarnai demo dari para aktivis lingkungan hidup yang mengecam penggunaan pohon natal artifisial. Tahun ini pun sepertinya demikian, apalagi setelah beberapa seniman lokal membangun sebuah pohon natal raksasa dengan menggunakan 1,000 botol bir yang masih penuh terisi. Meskipun pohon natal ini kini sedang menjadi magnet wisatawan di Nanjing Road, Shanghai, namun tetap saja menuai kecaman. Anda bisa menjadikan ide ini sebagai sebuah inspirasi, tentunya dengan sedikit improvisasi yang lebih baik dan lebih ramah lingkungan, yaitu dengan menggunakan botol bekas yang syukur-syukur recyclable.

Ngomong-ngomong tentang recycle, saat ini di London berdiri sebuah pohon natal bernama Bermondsey Square tree yang memiliki desain simpel namun mencengangkan, berkat rangkaian 35 buah roda yang diambil dari beberapa sepeda bekas dari program Re-Cycle. Program Re-Cycle adalah sebuah kegiatan charity yang tujuannya mengumpulkan sepeda-sepeda bekas tapi layak pakai untuk dikirimkan ke Afrika, dan nantinya akan disumbangkan sebagai alat transportasi bagi para penduduk lokal dan para aktivis peduli HIV-AIDS di sana. Setelah libur natal selesai, pohon ini akan dibongkar dan roda-roda-nya akan dilepas, dan dirangkai kembali dengan bagian sepeda lainnya untuk kemudian dikembalikan ke program Re-Cycle. Natal, berbagi, berbahagia, bersama…

Menurut Anda, negara mana yang punya pohon natal paling trendy??

(Berbagai sumber)

SHARE