Jaguar C-X75, Ramah Lingkungan dan Super Cepat

0
30

.”C-X75 adalah Jaguar yang seharusnya. Daya pikatnya luar biasa, dan pada saat yang bersamaan punya aura dan potensi untuk menjadi supercar sejati. Anda boleh saja menganggap ini hanyalah karya seni yang berwujud mobil konsep, tapi kami yakin ini merupakan karya yang pantas menjadi simbol usia 75 tahun Jaguar”, kata Direktur Disain Jaguar Ian Callum.

Callum memang punya alasan kuat mengatakan hal tersebut, coba Anda perhatikan! Body-nya yang indah merupakan perpaduan rekayasa dan rancang bangun seorang pemahat ahli. Bahkan dalam keadaan diam pun masih enak dipandang.

Autocar Indonesia melansir bahwa C-X75 tidak hanya sekedar enak dipandang, tapi juga mampu berlari kencang. Dia mampu berlari hingga 330 kpj dan melakukan akselerasi 0-100 kpj hanya dalam 3,4 detik (setara dengan supercar bermesin bensin Bugatti Veyron EB100 SS dan Ferrari Enzo). Sedangkan kemampuannya menyalip mobil lain pada akselerasi 80-145 kpj dicapai hanya dalam 2,3 detik, soo faaast!

Kecekatan C-X75 didapat dari empat motor listrik (masing-masing berdaya 145 kW/ 195 hp) yang terletak ditiap rodanya. Tenaga keseluruhan mobil ini mencapai 780 hp atau sebanding dengan supercar bermesin turbo. Torsinya yang tinggi, 1600 Nm dapat membuat supercar lain “ciut”. Angka tersebut bahkan melebihi Bugatti Veyron Supersport (mobil jalan raya tercepat di dunia saat ini).

Kelemahan mobil listrik biasanya terletak pada jarak tempuh, Jaguar menyiasatinya dengan mengaplikasikan dua unit turbin gas kecil yang bisa berputar hingga 80000 rpm, sehingga mampu menghasilkan listrik untuk jarak tempuh 896 km.

Wah kombinasi yang luar biasa. Mobil ramah lingkungan dan cepat pula… Salut untuk Jaguar!

(Berbagai sumber)

SHARE