Berjuta-juta Botol Bir Dalam Sebuah Kuil

0
63

.Bekas botol minuman keras sering disimpan untuk dijadikan pajangan karena bentuknya yang keren. Koleksi berbagai botol tersebut menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi beberapa orang.

Bagaimana dengan botol bir? Botol yang berwarna hijau tua dan tidak menarik, seperti kemasan Jack Daniel, Jim Beam, Blue Label, dan masih banyak lagi. Anda tentu tidak akan merencanakan untuk menyimpan bekas botol bir, bukan?

Berbeda dengan kebanyakan orang yang membuang botol bir setelah menghabiskan isinya, sebuah kuil Buddha di Thailand justru dibangun menggunakan botol-botol tersebut. Lebih dari satu juta botol bir menghiasi kuil Wat Pa Maha Chedi Kaew yang terletak di provinsi Sisaket.

Seluruh ruangan, dinding, pilar, hingga genting tertutup oleh botol bir berukuran besar. Hal ini dapat dianggap sebagai salah satu penggunaan sampah yang ramah lingkungan.

Meski pernah menjadi wadah minuman keras, kehadiran botol-botol tersebut tidak mengurangi suasana khidmat dan religius di kuil  Wat Pa Maha Chedi Kaew. Para biksu justru terlihat lebih senang dan betah, karena tempat tinggal mereka terlihat lebih unik dibanding kuil lainnya.

Apa Anda juga berniat membuat suatu kerajinan tangan menggunakan bekas botol bir juga untuk menyaingi kuil Buddha ini?

(Berbagai sumber)

SHARE