What Kind Of Liar Is Your Lover?

0
53

.Berhadapan dengan seseorang yang sering berbohong pasti akan membuat perut mulas setiap hari. Kesal sekali rasanya jika ternyata pasangan Andalah yang berperan menjadi seorang pembohong. Ada saja alasan mengapa dia berbohong. Kebohongan dilakukan agar Anda tidak merasa sedih, masih mencari waktu yang tepat untuk menceritakan suatu hal, dan masih banyak lagi alasan diungkapkan. Alasan sebenarnya? Tidak ada yang tahu.

Untuk menghindari terkena stroke di usia muda akibat dibohongi berkali-kali oleh pasangan, mungkin ada baiknya Anda sedikit ‘memahami’ karakter pembohong. Beberapa psikologis dalam sebuah situs menyatakan, bahwa terdapat dua kelompok besar pembohong, yakni pembohong atas sebab kebiasaan dan pembohong patologis.

Habitual liar adalah seseorang yang suka berbohong karena terlalu sering melakukannya. Kebohongan menjadi aktivitas rutin sehari-hari. Mereka selalu menjawab pertanyaan dengan kebohongan. Kebohongan membuat mereka merasa nyaman. Itulah yang menyebabkan mereka terus berbohong. Berbeda dengan pembohong patologis, tipe habitual liar tidak melakukan manipulasi dalam aksi mereka.

Memanipulasi adalah keahlian pembohong patologis. Pembohong ini selalu berusaha menciptakan citra palsu di depan orang lain. Mereka tidak pernah sedikitpun memiliki rasa hormat dan menghargai terhadap orang yang dibohongi. Banyak ahli menyebutkan bahwa oang-orang seperti ini memiliki kecenderungan gangguan mental. Bila Anda memiliki pasangan yang sering merasa sakit dan kerap ingin diperhatikan, suka membesar-besarkan sesuatu, membuat pernyataan yang kontradiktif dengan hal yang telah disampaikan sebelumnya, berbohong untuk menutupi hal sepele, dan mengubah-ubah cerita setiap saat, maka besar kemungkinan Anda menjalin hubungan dengan seorang pembohong patologis. Hati-hati!

Pembohong patologis tidak pernah menghargai kejujuran. Hal ini pulalah yang menyebabkan ketidakmampuan menghargai arti sebuah kepercayaan yang diberikan pada mereka. Demi mempertahankan kebohongannya, pembohong tipe ini akan menjadi sangat defensif ketika ditanya perihal pernyataannya. Mengenaskan, karena pembohong patologis justru sangat mempercayai kebenaran kata-katanya, meski Anda dan orang lain jelas melihat hal tersebut salah dan merupakan suatu kebohongan. Memiliki kekasih seperti ini, Anda harus siap mendapati kebohongannya terbongkar berkali-kali. Parahnya lagi, pasangan Anda ini tidak akan pernah mengakui kebohongannya.

Bisa jadi, pasangan Anda memiliki karakter gabungan dari dua jenis pembohong di atas. Apapun alasannya, berbohong itu jelas akan menyakiti perasaan orang lain. Khusus untuk pembohong patologis, bila dilihat dari ciri-cirinya, maka pembohong ini adalah orang-orang lebay dan tidak tahu diri. Wajar, bila mereka cenderung sakit jiwa. Lebih baik mencari pasangan lain, daripada ikut gila.

(Berbagai sumber)

SHARE