Beras Merah dan Pasta Menu Wajib Timnas. "Selamat Makan Boys!!" Kata Bachdim

0
28

.Selain mengasah keterampilan, insting dan kekompakkan, para pemain timnas juga memerlukan asupan makanan yang tepat.

Erwin Christianto sebagai ahli nutrisi timnas dalam salah satu wawancaranya dengan media lokal (2/12), menganjurkan agar anggota tim tidak boleh memakan goreng-gorengan yang mengadung banyak tepung seperti fried chicken dan tempe mendoan.”Makanan seperti itu mengandung karbohidrat tinggi. Semakin banyak karbohidrat, semakin banyak pula CO2 yang dihasilkan ketika tubuh melakukan proses metabolisme. Jika berlebihan, CO2 membuat seseorang tidak kuat berlari. Para pemain harus memperhatikan hal ini dan tidak boleh jajan sembarangan,” ujarnya.

Selain saran tersebut, tim dokter nutrisi bekerja sama dengan pihak hotel Sultan menyediakan menu khusus yang harus disantap pemain nasional selama ajang Piala AFF 2010.

Erwin kembali menjelaskan senin kemarin (13/12), menu khusus yang dimaksud di antaranya beras merah dan pasta. Dalam jadwal makan sehari tiga kali, menu beras merah selalu diberikan selain nasi putih.

“Kita berikan menu yang mengandung karbohidrat kompleks seperti beras merah, pasta yang biasanya berupa spaghetti, dan makanan lain yang berbahan gandum,”ujar Erwin. Dengan tujuan agar para pemain bisa kuat bertanding 90 menit.

Pemberian isotonik juga penting.”Selain air putih tentunya. Pemberian isotonik agar bisa menjamin kebugaran pemain selama bertanding. Kita memberikan sesuai hitungan kebutuhan setiap pemain,”kata Erwin.

Erwin menghilangkan menu susu, sebagai gantinya diberikan suplemen protein yang bentuknya bubuk.”Cara mengkonsumsinya, dicampur dengan air dan perasa cokelat atau rasa buah jeruk supaya enak,”ujarnya.

Secara umum menu makanan sehari-hari dijauhkan dari yang mengandung minyak dan santan. Sales Manager Hotel Sultan, Haryono menambahkan,”Kami menyodorkan menu-menu pilihan dan dokter tim nasional yang menentukan, kami hanya menjalankan sesuai pesanan,”katanya.

Kemarin Irfan Bachdim di twitternya mengucapkan “Havin a nice dinner with my team 😀 Selamat Makan Boys!!

(Berbagai sumber)

SHARE