Fenomena Wikileaks, Baik atau Buruk?

0
37

.Wikileaks sedang hangat dibicarakan, apalagi sejak Julian Assange yang diklaim sebagai pemimpin Wikileaks tertangkap. Pemerintah Amerika bersusah payah untuk menutup situs yang membocorkan keborokan suatu pemerintahan ini dengan berbagai cara, mulai dari memblok alamat IP dan domain Wikileaks.

Ghiboo tidak akan bahas bagaimana server Wikileaks ditutup, tapi coba Anda bayangkan.. (pejamkan mata) bagaimana bila informasi-informasi yang dibocorkan dari suatu pemerintahan negara maju akan berguna untuk  negara-negara berkembang. Misalnya suatu negara berhasil memberantas korupsi hingga ke akarnya, tanpa publikasi media yang kita tahu si koruptor di negara tersebut sudah tertangkap. Entah bagaimana caranya. Bukankah mungkin cara tersebut bisa diperlakukan di Indonesia untuk memberantas koruptor mulai dari bawah hingga gembongnya?

Contoh lainnya, mungkin saja Wikileaks mempunyai informasi tentang siapa sebenarnya pembunuh aktivis HAM Munir. Oknum yang tertangkap atas kasus Munir belum tentu sang pemimpin perencanaan pembunuhan tersebut.

Intinya informasi yang ada di dunia ini mempunyai dua sifat, baik itu menguntungkan atau merugikan penerima informasi.

(Berbagai sumber)

SHARE