Mengasuh Anak Bagi Orangtua Baru

0
28

.Baru saja menjadi orangtua? Selamat! Kini saatnya Anda mengerti dasar-dasar merawat anak. Selain mengganti popok, memandikannya, dan menyuapinya, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan.

Pada awal bulan kelahirannya, posisikan si kecil terlentang dan tidur beralaskan punggungnya untuk menghindari kematian tiba-tiba pada bayi akibat ‘kecelakaan’. Posisi tidur harus sering Anda ubah agar kepalanya tidak menjadi gepeng. Singkirkan bantalan pelindung pada ranjang bayi. Jangan memberinya makanan padat. Bila pertumbuhan si kecil sangat cepat, tingkatkan kualitas dan kuantitas ASI dengan mengonsumsi suplemen yang disertai formula.

Anak tidak boleh ditingalkan sendiri di tempat yang memungkinkannya terguling dan jatuh. Mungkin Anda akan banyak dibenci orang, karena tidak memperbolehkannya dekat dengan banyak orang. Menghindari kontak fisik dengan orang lain akan mencegah buah hati terkena infeksi dari luar.

Saat usia si kecil sudah mencapai 4-7 bulan, Anda tetap harus menidurkannya dengan posisi terlentang dan rutin mengganti posisi tidurnya. Ketika mulai memberinya makanan padat, lakukanlah secara perlahan dan bertahap. Berikan satu jenis makanan baru padanya setiap 2-3 hari sekali.

Bayi berusia enam bulan sebaiknya sudah mengkonsumsi air yang mengandung fluoride. Melewati usia enam bulan, batasi penggunaan dot agar buah hati tidak memiliki rasa ketergantungan terhadap benda tersebut. Mulailah rajin membersihkan gigi si kecil, ketika ia mulai memfungsikannya. Perhatikan rumah Anda! Sebelum anak mulai lebih aktif, dapat merangkak atau berpindah tempat dengan usaha sendiri, Anda harus memastikan bahwa seluruh sudut ruangan sudah aman untuk dilewati oleh seorang bayi.

Menginjak usia 8-12 bulan, jangan dulu membiasakannya mengonsumsi susu sapi. Tunggu hingga ia berusia satu tahun. Berikan sedikit saja jus buah. Ingat, jus ini harus 100% terdiri dari buah asli dan sebisa mungkin dibuat encer. Bersihkan giginya setiap hari. Pada usia ini Anda akan mulai sering menghadapi kemarahan si kecil yang tidak jelas. Tenang. Jangan biarkan hal ini membuat Anda stres. Semua pengalaman menghadapi ‘kegilaan’ si kecil merupakan harta yang tak ternilai dan tak tergantikan.

(Berbagai sumber)

SHARE