Senangnya Berbagi Kamar Dengan Saudara!

0
38

.Memiliki rumah yang luas dan besar tidak akan menyulitkan Anda menempatkan anak dalam masing-masing kamar. Masalah akan muncul, ketika Anda hanya bisa menyediakan sebuah rumah mungil untuk seluruh keluarga.

Rumah dengan tiga kamar akan dibagi menjadi kamar utama untuk Anda dan pasangan, kamar tamu, dan sisanya untuk anak. Si kecil dan kakaknya terpaksa harus berbagi kamar. Untuk menjaga keharmonisan dan rasa keadilan di antara anak-anak Anda, ada banyak hal yang harus diperhatikan.

Berbagi kamar dengan saudara berbeda gender tidak akan menjadi masalah bila mereka masih dalam usia yang cukup kecil. Mungkin, pada awal-awal ‘kebersamaan’, mereka akan saling berteriak, berkelahi, dan membenci.

Perhatikan kedekatan si kecil dengan kakaknya, bila mereka tidak terlalu akur, sebisa mungkin jangan tempatkan mereka dalam satu tempat tidur yang sama. Satu kamar dengan dua ranjang kecil. Tidak perlu mewah, setidaknya mereka bisa tidur di kasur masing-masing dan tidak saling ‘mengganggu’. Bisa juga dengan meletakkan tempat tidur tingkat. Biasakan anak-anak agar tidur dengan jam tidur yang sama. Masing-masing tidak akan merasa terusik saat berusaha tidur, sementara yang lain masih sibuk bernyanyi akibat terjaga lebih lama.

Bila mereka mulai silat lidah, karena merasa tidak mempunyai lagi dinding kosong untuk menempelkan poster atau gambar kartun kesukaan mereka, karena semua tempat kosong telah digunakan oleh saudaranya, maka Anda harus mengambil tindakan. Sebuah ruangan bisa, kok, dibagi dua tanpa membutuhkan sekat dinding.

Belilah karpet dengan motif, warna, dan gambar berbeda. Bagi ruangan secara adil. Lantai beralas karpet gambar Winnie The Pooh menjadi ‘daerah kekuasaan’ adik dan kakak berhak ‘menguasai’ area lantai beralas karpet gambar Doraemon, misal. Berikan pula tempat baju kotor dan kotak penyimpanan yang berbeda untuk masing-masing anak sesuai pilihan masing-masing.

Berbagi kamar dengan saudara akan merekatkan hubungan di antara mereka, bila dilakukan dengan adil dan mereka pun akan belajar bertoleransi.

(Berbagai sumber)

SHARE