Kekang Dompet dan Nafsu Anda

0
23

.Semua hal mendadak jadi begitu indah ketika kita sedang liburan, apalagi kalau ke luar negeri. Topi rotan, sweater, cardigan, biola, mug, dan bahkan sepeda tua pun terlihat begitu menarik dan ingin rasanya membawanya pulang. Namun seindah-indahnya barang yang telah mencuri perhatian tersebut, Anda harus tetap bijak dalam memutuskan apakah sebaiknya membeli atau tidak. Untuk menghindari pemborosan uang serta waktu Anda yang begitu berharga, ada baiknya Anda menyimak tips belanja berikut ini

1. Hindari toko souvenir.
Kenapa?? karena toko suvenir menjual barang-barang yang bisa Anda dapatkan dimanapun di tempat tujuan wisata Anda saat itu. Lagipula mereka selalu menjual dengan harga yang tidak masuk akal. Ada baiknya bagi Anda untuk menengok pasar atau sentra kerajinan lokal untuk mendapatkan barang yang lebih beragam, mungkin lebih baik kualitasnya, lebih murah, dan yang pasti Anda telah membantu perekonomian lokal.

2. Hindari membeli sampah.
Jangan biarkan diri Anda terjebak dalam ilusi gila tentang barang-barang yang banyak dan murah, yang Anda anggap souvenir padahal sebenarnya bukan souvenir. Pada akhirnya Anda hanya akan mendapati sekantong penuh barang yang sebenarnya tidak berguna dan tidak seindah seperti ketika pertama kali Anda melihatnya.

3. Manfaatkan waktu.
Ketika Anda melihat suatu barang, jangan langsung terburu nafsu untuk memilikinya. Gunakan waktu yang Anda miliki selama liburan untuk berkeliling lebih jauh dan melihat lebih banyak. Di Akhir perjalanan, Anda akan mendapati tangan Anda penuh dengan souvenir yang menakjubkan, dan siapa yang menyagka kalau barang yang pertama kali menyita perhatian Anda ternyata hanya biasa-biasa saja.

4. Tawar!!
Jangan takut untuk menawar. Hampir semua pedagang souvenir di daratan Amerika, Amerika, Eropa, Australia, dan tentu saja Asia sangat menyukai aktifitas ini, sama seperti anda. Jadi jangan takut untuk menawar.

5. Ingatlah kepada siapa Anda akan memberikan souvenir itu nantinya.
Sebuah keranjang bambu dari Timbuktu, atau mungkin kalung kerang dari Phuket, atau misalnya saja sebuah permadani dari Turki mungkin terlihat indah di rak penjualnya. Namun ingatlah kepada siapa nantinya Anda akan memberikan barang-barang tersebut. Pertimbangkan apakah akan terlihat pas atau tidak, matching atau tidak, dan sebagianya. Jangan biarkan sahabat atau keluarga Anda menjadi korban dari souvenir yang mengerikan.

Bagaimana, sudah ada bayangan akan membeli souvenir apa dalam liburan Anda nanti??

(Berbagai sumber).

SHARE