Pertamax, Gan! Andrew Darwis, Presiden Yang Mengutamakan Rakyat

0
34

.Pertamax! Itulah kata yang sering di-posting oleh kaskuser (sebutan anggota Kaskus) ketika ada thread yang baru. Anggotanya hingga saat ini mungkin sudah lebih dari dua juta orang. Ibarat sebuah negara, Andrew Darwis sang pemilik Kaskus adalah seorang “Presiden”. Layaknya presiden ideal, Andrew mengerti benar pentingnya anggota dan selalu mengutamakan “rakyat”.

Seperti yang dilansir majalah Esquire, Kaskus sempat dilirik oleh perusahaan besar untuk berinvestasi tapi ditolak. Alasannya sederhana, jika Kaskus menerima pinangan tersebut maka akan ada kontrak dan tenggat waktu untuk “balik modal” bagi investor, akan muncul iklan sebesar satu halaman situs yang akan mengganggu anggota mengakses Kaskus. Andrew tidak ingin hal itu terjadi, karena dengan mudahnya anggota dapat beralih ke situs lain. Seperti ketika Friendster sedang marak di tahun 2008, sekarang ini orang banyak pindah ke Facebook dan Twitter meninggalkan Friendster.

Kata Kaskus merupakan kependekan dari kasak-kusuk yang awalnya berdiri sebelas tahun lalu di Amerika Serikat. Awalnya dibuat iseng-iseng untuk anak-anak Indonesia yang bersekolah di AS tempat Andrew menempuh pendidikannya. Lama-kelamaan jumlah anggotanya berkembang hingga akhirnya diputuskan Kaskus diresmikan sebagai perusahaan pada tahun 2008.

Andrew mengidolakan Craig Newmark (pendiri situs komunitas dunia Craiglist), pendiri situs terpopuler nomor 25 di dunia. Bahkan Craig mengungkapkan keinginannya membantu Indonesia.

Bagaimana dengan Anda, sudah jadi kaskuser?

(Ghiboo)

SHARE