Setengah Petani, Setengah Eksekutif Muda

0
44

.Di suatu ketika di tahun 80’an, di Jepang berkembang sebuah slogan yang berbunyi chisan chishou, mirip dengan konsep swadaya, swasembada di Indonesia. Pemerintah Jepang mempunyai pemikiran bahwa untuk mendapatkan generasi muda yang unggul, maka mereka pun harus diberi produk pangan yang unggul. Akhirnya pemerintah mendorong sebuah gerakan  produksi pangan lokal untuk konsumsi lokal.

Namun konsep chisan chisou itu kini telah berubah, terutama setelah merebaknya kasus keracunan makanan yang kronis akibat mengkonsumsi produk pangsit impor dari Cina. Diberitakan bahwa 10 orang mengalami keracunan parah dan ribuan lainnya jatuh sakit. Kasus tersebut sempat menjadi mendung gelap yang membayangi hubungan diplomatik Jepang dan Cina. Sepertinya warga Jepang benar-benar trauma dengan kasus tersebut dan menjadikan mereka lebih aware terhadap produk makanan yang mereka konmsumsi, hingga akhirnya melahirkan konsep baru dikalangan masyarakat Jepang masa kini, yaitu jisan jisho.

Jisan jisho adalah sebuah konsep yang secara harafiah berarti tanam sendiri, makan sendiri. Konsep pangan paling mutakhir ini telah melahirkan sebuah trend baru berupa maraknya warga Jepang yang mengalih fungsikan atap rumah, ruang bawah tanah, atau space apapun yang mereka miliki untuk dijadikan medium pangan mereka. Sehingga jangan kaget kalau Anda sedang berjalan-jalan ke Jepang dan mendapati sayur-mayur serta ubi-ubian menyeruak dari atap rumah dan apartemen penduduk Jepang.

Para eksekutif muda dan remaja Jepang pun kini mempunyai status baru dalam resumenya. Mereka sering menyebut diri mereka han no han x, atau setengah petani setengah x. Mereka ini adalah golongan yang menjadikan kegiatan bertani sebagai trend saat ini dan mengkombinasikannya dengan profesi reguler yang telah mereka miliki.

Nah, kalau Anda berminat dengan status han no han x dan konsep jisan jisho ini, Anda juga bisa kok memulainya di rumah Anda sendiri.  Anda hanya perlu memilih produk tanaman dan sebuah medium untuk mengembangkannya. Ketika memilih sayur yang akan Anda tanam, sebaiknya anda memilih jenis yang disukai oleh seluruh anggota keluarga, mudah perawatannya, tidak memerlukan lahan yang luas, cocok dengan udara dan lingkungan di sekitar rumah, dan kalau bisa pilihlah sesuatu yang cukup mahal untuk dibeli. Untuk permulaan, bagaimana kalau menanam cabai?? banyak yang menyukai, perawatannya mudah, dan sepertinya sebentar lagi harganya akan naik…

(Berbagai sumber)

SHARE