Konsumsi Kopi Secara Rutin Dapat Kurangi Risiko Kanker Prostat

0
28

.Penelitian ini dilakukan oleh sekolah medis dan sekolah kesehatan masyarakat Harvard, tepatnya di laboratorium Channing, yang meneliti data-data dari sekitar 50 ribu orang mengenai kebiasaan minum kopi mereka dari tahun 1986-2006.

Selama jangka waktu tersebut ditemukan bahwa 4975 laki-laki memiliki kanker prostat dan 846 diantaranya terkena kanker prostat yang tumbuh agresif sehingga mengancam jiwa. Hasil tersebut menunjukkan hubungan jelas antara jumlah konsumsi kopi dan risiko kanker prostat. Bagaimana bisa? Ternyata pria yang meminum lebih banyak kopi (6 cangkir atau lebih per hari) memiliki risiko 60% lebih rendah untuk menderita kanker prostat agresif dan 19% lebih rendah untuk terjangkit kanker prostat daripada yang tidak minum kopi.

Pengurangan risiko ini bukan disebabkan oleh kafein. “Kopi memiliki efek pada insulin dan metabolisme glukosa, serta kadar hormon seks. Kesemua hal tersebut mempengaruhi risiko kanker prostat,” kata Dr. Kathryn M.Wilson, rekan penelitan dalam epidemiologi di sekolah kesehatan masyarakat Harvard. Jadi kopi yang Anda minum, baik itu berkafein atau tidak tetap mempunyai pengaruh untuk mengurangi risiko terkena kanker prostat.

Selain itu peneliti lain dari sekolah kesehatan masyarakat Havard, Stacey A. Kenfield menyatakan bahwa kegiatan olahraga seperti joging, bersepeda, berenang atau bermain tenis, selama rata-rata tiga jam atau lebih per minggu memiliki tingkat kematian 35% lebih rendah dibanding mereka yang kurang berolahraga atau tidak sama sekali. Dan bagi mereka yang berjalan secara teratur (empat jam atau lebih per minggu), memiliki tingkat kematian 23% lebih rendah daripada pria yang berjalan kurang dari 20 menit per minggu. Penelitian ini merupakan yang pertama berfokus pada dampak olahraga bagi penderita kanker prostat.

Untuk Anda yang hobi nongkrong di kedai kopi, nampaknya hal ini bisa jadi alasan yang bagus untuk meneruskan kebiasaan anda. Ayo, silahkan tersenyum..

(Berbagai sumber)

SHARE