Pizza, Ham dan Salami. Masa Depan Italia Ada di Sini

0
48

.Menyebut nama Itali mungkin akan membawa ingatan kita pada gadis cantik dari Sisilia, sepak bola, gedung artistik dan keindahannya, jam tangan mewah, kiblat fashion dan gaya terkini, dan entah bentuk keindahan apalagi yang bisa terbayangkan.

Sejak zaman Renaisans, dan mungkin jauh sebelumnya,  daerah yang sekarang kita kenal dengan nama Itali ini memang sudah sangat terkenal akan obsesinya pada segala bentuk keindahan dan kesempurnaan. Lukisan dan patung-patung karya Michelangelo adalah bukti di masa lalu, Milan Fashion Week adalah bukti masa kini.

Namun ada satu hal yang meresahkan bangsa Itali akhir-akhir ini. Masalah itu tak lain dan tak bukan adalah obesitas. Sebuah penelitian yang telah dijalankan oleh The International Association for the Study of Obesity (IASO) selama hampir 12 tahun menyebutkan bahwa bayi-bayi Italia memiliki berat badan yang lebih besar dibanding bayi lainnya di negara Eropa, dan tingkat obesitas dikalangan anak-anak Italia adalah yang tertinggi di seluruh daratan Eropa. Ditambah sebuah temuan terbaru bahwa pria dalam kategori usia 35 – 74 tahun di Italia 18 persennya mengalami gangguan obesitas. Pemerintah menanggapi dengan serius masalah ini dan telah meluncurkan beberapa program untuk menanggulanginya.

Ketika para remaja dan orang dewasa di berbagai pelosok dunia mengadopsi pola diet Meditteranean yang terkenal itu, Menteri Kesehatan Italia pun juga membekali anak-anak umur 6-12 tahun di Italia dengan berbagai pantangan menu makan siang, anjuran untuk banyak-banyak mengkonsumsi sayur, buah segar, yoghurt, serta jus buah tanpa gula. Selain itu kebijakan dari menteri kesehatan juga melarang penyajian pizza lebih dari 1 kali dalam 1 minggu, melarang pengoperasian vending machine di sekolah, dan melarang penjualan/pemberian snack pada jam sebelum makan siang. Menu kegemaran anak seperti ikan dan telur hanya boleh disajikan sekali dalam satu minggu, sedangkan menu yang lebih berat seperti ham atau salami hanya boleh di sajikan maksimal 2 kali dalam 1 bulan.

Sebagai penutupnya, pemerintah bekerjasama dengan para ilmuwan dari the University of Verona mendesain sebuah taman bermain yang segala bentuk aktifitas permainannya dirancang khusus untuk membakar kalori anak. Mungkinkah ini salah satu cara jangka panjang pemerintah Italia dalam upaya mengambil alih dominasi model-model dari negara bekas Rusia di pusat fashion dunia??

(Berbagai sumber)

SHARE