Saling Silang Teka Teki Silang

0
41

.Tak perlu iri melihat intuisi dan kecermatan Robert Downey Jr. dalam memecahkan teka-teki. Dengan sebuah pena di tangan dan teka-teki silang di pangkuan, Anda pun juga bisa menjadi Sherlock Holmes dalam petualangan memecahkan teka-teki Anda sendiri.

Dalam budaya Amerika dan Eropa, tempat dimana permainan ini tercipta untuk pertama kali, permainan teka-teki silang dikenal dengan istilah crossword, yaitu sebuah  permainan mengisi ruang-ruang kosong (yang biasanya berbentuk kotak putih) dengan huruf-huruf yang membentuk sebuah kata berdasarkan petunjuk yang diberikan. Petunjuknya biasa dibagi ke dalam kategori ‘Mendatar’ dan ‘Menurun’ tergantung posisi kata-kata yang harus Anda isi.

Menurut catatan sejarah, permainan teka-teki silang ini pertama kali diperkenalkan kepada publik pada tanggal 14 September 1890 di sebuah majalah Itali yang bernama Il Secolo Illustrato della Domenica. Teka-teki silang yang didesain oleh Giuseppe Airoldi dan diberi nama Per passare il tempo (Untuk Mengisi Waktu) ini masih berbentuk sederhana, berupa pemetaan 4 buah kolom yang disusun secara vertikal dan horisontal, lengkap beserta kata petunjukknya.

Namun hak cipta permainan ini jatuh di tangan Arthur Wynne, seorang jurnalis dari Liverpool. Teka-teki silang buatan Arthur pertama kali muncul di koran New York World edisi hari Minggu, 21 Desember 1913. Meskipun bentuknya agak aneh dan menyerupai bentuk berlian, namun teka-teki silang tersebut memiliki karakter yang paling mirip dengan bentuk teka-teki silang modern seperti yang kita kenal saat ini. Itulah mengapa nama Arthur Wynne disebut-sebut sebagai bapak teka-teki silang. Di tahun 1920’an, dunia diserang demam teka-teki silang karena hampir semua surat kabar telah memiliki teka-teki silangnya masing-masing, dan telah menyebabkan sebuah gegar budaya pada para pembacanya. Sebuah kejadian menarik terjadi ketika pada tahun 1921 pengelola perpustakaan New York Public Library menyampaikan sebuah petisi yang menuntut agar teka-teki silang dihilangkan dari halaman-halaman surat kabar karena telah menimbulkan keresahan, yaitu habisnya kamus dan ensiklopedia dari rak perpustakaan karena digunakan sebagai panduan mengisi teka-teki silang. Para pengelola perpustakaan merasa bahwa kejadian ini akan mempengaruhi generasi muda dan proses belajar mereka.

Kini setelah waktu berselang lebih dari 90 tahun, kotak-kotak teka-teki silang tak hanya menghiasi halaman surat kabar dan majalah, namun juga telah dicetak menjadi buku kompilasi dan bahkan telah mengalami beberapa kali transformasi dalam bentuk permainan game dan internet. Namun demikian, teka-teki silang yang diterbitkan oleh harian The New York Times sampai saat ini masih dianggap sebagai yang paling prestisius dan sekaligus yang paling susah dipecahkan. Will Shortz adalah editor generasi ke-empat yang mengurusi halaman teka-teki silang di The New York Times sejak tahun 1993. Dan yang lebih keren lagi, namanya juga tercatat sebagai pendiri The American Crossword Puzzle Tournament, kejuaraan teka-teki silang tertua di Amerika yang selalu diselenggarakan setiap akhir bulan Februari atau awal Maret sejak tahun 1978. Kejuaraan tahunan ke-34 The American Crossword Puzzle Tournament ini rencananya akan digelar pada tanggal 18 hingga 20 Maret tahun depan. Berminat untuk menjadi Sherlock Holmes dan mengukir sejarah sebagai
salah satu pemenang kejuaraan ini??

(Berbagai sumber)

SHARE