Siapkan Mental, Kita Akan Berjauhan

0
27

.Hari-hari terasa sepi tanpa sosok pasangan hadir di sisi Anda. Bekerja di beda kota, pulau, bahkan negara mengharuskan Anda berdua terpisah ribuan kilometer dan waktu. Kadang merasa senang dapat kembali menjadi jomblo, meski telah berstatus ‘pacar’, ‘tunangan’, atau bahkan ‘menikah’, namun kerinduan akan hal-hal kecil seperti tertawa bersama dan makan bersama sering membuat Anda gelisah.

Seharusnya Anda tidak memutuskan untuk menikahinya, bila mengetahui akan tinggal terpisah. Itu pikir Anda. Anda menyesali semuanya. Don’t. Meski lebih rentan mengalami banyak masalah, namun bukan berarti hubungan jarak jauh (long distance relationship) tidak dapat berhasil.

Sebelum meninggalkan pasangan menuju tempat lain, pikirkan dan diskusikan bersama dengan matang, apa yang sebenarnya Anda berdua inginkan dari hubungan tersebut? Apakah Anda dan pasangan sama-sama merasa masih terlalu dini mengenal? Menginginkan pertunangan atau sebuah kepastian dengan ikatan pernikahan? Pemikiran dan keinginan ini akan menentukan berhasil atau tidaknya hubungan Anda nanti. Saat tiba waktunya berpisah, berikan sebuah benda yang istimewa untuk menjadi ‘pengganti’ Anda selama berjauhan dan sebaliknya. Siapa tahu, Anda masing-masing akan mengurungkan niat selingkuh dan langsung mengingat pasangan begitu melihat gantungan kunci lucu darinya?

Komunikasi. Setiap manusia dapat menjalin hubungan yang baik dengan orang lain, bila komunikasi dengan mereka berjalan dengan baik pula. Meski jauh, Anda tetap bisa melibatkan pasangan dalam hidup Anda sehari-hari. Berkomunikasilah setiap hari. Minimal sebuah SMS atau email setiap hari. Tunjukkan bahwa Anda tetap akan ada untuknya dengan menyapanya di Facebook, Twitter, atau saling curhat dan bertatap muka melalui video call dan aplikasi chat online. Teknologi diciptakan semakin canggih untuk selalu mendekatkan kita dengan orang-orang yang kita sayangi. Manfaatkan hal tersebut dengan baik! Penting untuk diingat, bahwa Anda berdua harus membicarakan mengenai rencana masa depan berdua dalam tiap obrolan Anda. Berjauhan boleh saja, but, what’s next?

Meski tidak berada di sisi, pasangan tetap bisa melakukan suatu hal bersama dengan Anda. Minta dia untuk menonton film yang sedang diputar di bioskop-bioskop – Harry Potter, misalnya – kemudian ajak dia untuk membahas film tersebut setelah Anda berdua menontonnya di tempat terpisah. Nikmati pula makan malam berdua dengannya. Tanya makanan apa yang ingin ia makan berdua dengan Anda? Anda berdua masing-masing dapat membuat atau membeli makanan tersebut. Jalani kencan yang telah disepakati sepulang jam kantor. Dress up layaknya Anda menikmati romantic dinner dengannya di restoran mewah. Penampilan sudah oke, makanan pun telah ditata rapi di depan Anda, sekarang waktunya menyalakan laptop dan melakukan panggilan video call untuk pasangan. Nikmati romansa makan malam jarak jauh milik Anda berdua!

Terbukalah terhadap pasangan di manapun Anda berada. Jangan membuatnya setia dan resah menunngu Anda di sana, sementara hati Anda sedikit demi sedikit telah terbagi dengan orang lain yang dekat dengan Anda di sini. Bila dirasa terlalu berat, lebih baik tidak membuat suatu komitmen dalam hubungan jarak jauh.

(Berbagai sumber)

SHARE