7 Rahasia Hebat untuk Diet yang Tepat

0
22

.Jika anda berpikir diet adalah sama sekali tidak makan, anda salah besar. Diet adalah pandai memilih makanan untuk mengontrol nutrisi yang diserap sehingga menghasilkan berat badan yang ideal. Ini jelas berbeda dengan membiarkan tubuh anda lemas karena kurang nutrisi dan dehidrasi. Untuk mendapatkan diet yang sempurna, penting bagi anda untuk memulai keinginan kuat dan melatih konsistensi agar diet berjalan mulus hingga sampai pada tujuan yang anda inginkan. Cek ketujuh rahasia diet sukses berikut ini:

1. Pelajari tentang makanan dan kalori
Tengok sejarah pola makan anda sebelum memulai diet. Apakah anda selalu makan dalam porsi sedikit tetapi sering atau porsi banyak tetapi jarang? Bagaimana jenis makanan favorit anda? Apakah anda punya penyakit kolesterol tinggi? Ini semua perlu anda ketahui dengan baik. Anda perlu menyadari bahwa diet sebenarnya hanya memperkecil porsi makan anda. Pilih makanan yang rendah kalori namun memiliki nutrisi tinggi seperi pisang, kacang-kacangan, brokoli, apel, jeruk mandarin, tuna kalengan, buah tomat ceri, smoothies dan roti gandum. Makanan-makanan ini memiliki kalori di bawah angka 150. Jangan membiarkan perut kosong terlalu lama, selain menyebabkan maag, pola makan banyak-namun jarang justru mudah membuat gemuk.

2. Jangan membuat label makanan baik dan buruk
Membuat cap “makanan terlarang” pada menu-menu tertentu bukanlah cara yang tepat. Ini hanya akan menyiksa anda dan membuat orang-orang di sekitar anda merasa kesal karena anda terlalu merepotkan. Ikuti saja petunjuk nomor satu di atas, diet bukan berarti menahan diri anda dari makanan dan minuman lezat. Anda tetap bisa menikmati chocolate cake, cookies dan pizza, namun perhatikan bahan pembuatnya dan gunakan teknik kontrol porsi.
 
3. Berolahraga secukupnya
Sebagian besar mereka yang ingin kurus berpikir bahwa semakin banyak berolahraga semakin baik. Padahal, untuk memulai program penurunan berat badan, olahraga yang terlalu banyak akan diakhiri dengan malas berolahraga sama sekali. Tidak perlu menghabiskan waktu 2 jam sehari jika nantinya anda terlalu lelah dan malah menggoda anda untuk makan terlalu banyak. Cukup 30 menit sehari namun tetap konstan dan tidak pernah absen.

4. Serasi dan seimbang
Prosentase diet dan olahraga harus seimbang. Jangan pernah memulai dan mengakhiri olahraga dengan perut yang sangat kosong. Ingat-ingat makanan apa saja yang masuk ke tubuh anda setiap hari, sesuaikan dengan waktu olahraga anda. Biarkan organ tubuh bagian dalam tetap mencerna makanan, dan tugas anda adalah membakar kalori yang berlebihan.

5. Cari dukungan
Memiliki teman, sahabat, orangtua atau pasangan yang mendukung visi dan misi anda akan membantu kelancaran proses. Minta teman anda untuk selalu mengingatkan waktu makan. Jangan mudah terlena pada masakan ibu anda di rumah, jika anda merasa kandungan lemaknya cukup tinggi. Ajak pasangan anda olahraga bersama atau bergabunglah dengan komunitas sepeda sehat, atau sering-seringlah berkumpul dengan orang-orang yang mempunyai pola hidup yang sehat. Dengan cara seperti ini, diet tidak akan terasa berat.

6. Ukur berat badan mingguan, bukan harian
Tidak perlu bolak-balik menimbang berat anda setiap hari dan mengeluh jarumnya yang belum juga bergerak. Anda tidak ingin terlihat desperate, kan? Semua butuh proses. Jarum timbangan anda tidak akan menunjukan hasil yang drastis jika anda mengeceknya setiap hari. Jalani semuanya dengan konsisten, bersabar dan timbang setiap minggu.

7. Fokus pada kebiasaan hidup sehat
Tanamkan dalam kepala anda bahwa anda ingin hidup lebih sehat, jangan fokus pada hilangnya berat badan. Kurangi mengeluh dan hindari stres karena memikirkan berat badan yang tak kunjung berkurang. Tujuan anda adalah membangun fondasi yang kuat dari kebiasaan yang sehat. Dengan berpikir seperti ini, anda akan mendapat sugesti untuk menikmati pola hidup sehat yang sedang anda jalani, dan tubuh akan otomatis terasa lebih ringan dan lebih segar.

Selamat mencoba!

(Berbagai sumber)

SHARE