Hi-Tech Haifa

0
22

.Di luar masalah konflik politik yang menimpanya, Israel tercatat sebagai salah satu negara yang cukup beruntung memiliki pemandangan dan panorama yang mempesona. Selain itu untuk ukuran sebuah negara konflik, generasi muda dan senimannya cukup produktif dalam menghasilkan karya, bahkan diantara semua negara di Timur Tengah, Israel tercatat sebagai negara yang paling sering masuk dalam nominasi Oscar untuk kategori film berbahasa asing terbaik. Dan kota-kota di Israel pun tak malu-malu untuk berdandan semenarik mungkin untuk menarik minat wisatawan dan juga penduduk setempat yang mulai jenuh dengan situasi politik negeri ini. Kota Haifa adalah salah satunya.

Untuk ukuran sebuah kota, Haifa yang merupakan kota terbesar ketiga di Israel ini memiliki nama yang indah dan terdengar seperti seorang gadis cantik keturunan Arabia. Tak hanya namanya saja yang indah, pemandangan kota ini pun juga sangat mempesona. Lokasinya yang berada diantara Pegunungan Carmel dan Laut Mediterania menghasilkan sebuah panorama yang spektakuler, sehingga terkenal sebagai salah satu kota tujuan wisata. Dari tahun ke tahun, para wisatawan sudah sangat puas dengan keindahan alam dan kebudayaan Haifa yang jauh dari kata mengecewakan. Meskipun begitu, pemerintah tak lantas berpuas diri dan hanya berpangku tangan. Mulai tahun depan, pemerintah Kota Haifa telah merencanakan lebih banyak atraksi dan wahana yang akan makin memudahkan para wisatawan dalam menikmati setiap lekuk dan panorama indah Haifa.

Beberapa proyek pemerintah yang telah dilakukan antara lain pembangunan sebuah terowongan sepanjang 6 KM untuk mempermudah akses yang menghubungkan daerah Barat Daya dengan daerah Barat Laut; pengoperasian kereta dan mobil listrik di daerah bay area; serta pengalih fungsian berbagai gedung dan gudang di sepanjang daerah pelabuhan menjadi komplek apartemen dan area wisata yang nyaman, lengkap dengan berbagai cafe dan restoran dengan konsep opean air. Misi utama dari proyek besar ini adalah untuk memaksimalkan aset utama kota Haifa, yaitu daerah pantainya.

Perkembangan kawasan tepi pantai ini sangat pesat, salah satunya karena pemerintah kota Haifa memberikan banyak kemudahan bagi para pengembang untuk membangun komplek hunian yang terintegrasi dengan hotel dan area perkantoran. Beberapa mansion dan boutique hotel sudah mulai mengibarkan benderanya di kota ini, begitupun raksasa tekhnologi dan informasi seperti Intel, Yahoo, dan Google juga telah membangun kantor perwakilannya di sini. Lambat laun wajah pelabuhan kota Haifa pun makin terlihat modern dan metropolitan. Berminat mengunjungi Haifa??

(Berbagai sumber)

SHARE