Tidur Pulas Di Ranjang Emas Raja Louis XIV

0
26

.Apakah Anda pernah memimpikan untuk menginap dan mencicipi sedikit kemewahan di Istana Versailes?? Tenang, Anda tidak sendirian. Dan berita bagusnya, tidak lama lagi mimpi tersebut akan segera terjadi karena Ivy International SA, sebuah perusahaan konstruksi asal Belgia, telah terpilih menjadi tim kreasi yang akan menangani proyek renovasi The Hotel du Grand Controle menjadi hotel mewah 23 kamar.

Bangunan The Hotel du Grand Controle merupakan salah satu bangunan bersejarah di komplek Chateau de Versailles yang dulunya berfungsi sebagai kantor sekaligus kediaman penasehat keuangan Raja Louis XIV, sedangkan di zaman modern, bangunan ini menjadi kediaman Menteri Pertahanan dan keamanan Perancis. Rencananya bangunan The Hotel du Grand Controle akan mengalami renovasi selama setahun penuh dan akan mulai beroperasi penuh di akhir tahun 2011. Beberapa kamar yang menghadap ke Orangerie, kebun kerajaan yang dihiasi pohon jeruk dan lemon, akan mendapatkan konsep dan perlakuan yang istimewa dengan memberikan sentuhan kemewahan Perancis abad XVII.  Untuk membiayai bangunan seluas 1.700 meter persegi yang dibangun oleh arsitek Jules Hardouin-Mansart di tahun 1680’an ini dibutuhkan dana kira-kira Rp. 66 Milyar.

Alih fungsi bangunan bersejarah menjadi hotel mewah ini bukan semata-mata dilakukan tanpa rencana. Selain untuk makin mendongkrak pendapatan negara melalui pariwisata, pemasukan dari bangunan hotel ini nantinya juga akan disisihkan untuk membiayai perawatan komplek Chateau de Versailles. Sebagai sebuah monumen bersejarah yang megah, bangunan yang juga mewakili zaman keemasan Monarki Perancis ini setiap tahunnya membutuhkan biaya perawatan yang luar biasa besar. Memang benar Chateau de Versailles telah berhasil mendatangkan berjuta-juta wisatawan tiap tahunnya, namun hal tersebut ternyata belum mencukupi. Untuk itulah pemerintah akhirnya menempuh cara yang banyak dinilai radikal dengan mengkomersialisasikan bangunan bersejarah The Hotel du Grand Controle, dan beberapa bangunan bersejarah lainnya, menjadi resor dan hotel mewah. Sebuah berita yang menggembirakan bagi perekonomian Perancis dan Anda yang ingin mencicipi keanggunan dan kemegahan a la  bangsawan Perancis zaman Renaissance.

(Berbagai sumber)

SHARE