Berlabuh di Tel Aviv

0
51

.Yang harus berlabuh bukan kapal, melainkan Anda karena pelabuhan di kota terpadat kedua di Israel ini tak lagi difungsikan untuk kegiatan bongkar muat, meskipun sebenarnya area yang lumpuh dan terlantar sejak tahun 1965 ini memiliki lokasi yang strategis sebagai jalur transportasi dan memiliki pemandangan pantai yang indah. Pemandangan pantai yang indah, itulah yang membuat pemerintah setempat mengalihfungsikan pelabuhan ini menjadi sebuah fasilitas ruang publik.

Mayslits Kassif Architects adalah nama biro arsitek lokal yang terpilih menangani proyek ini. Dengan dana sebesar 4 Juta Euro, area unik yang menjadi bagian dari sejarah kota Tel Aviv ini berhasil direstorasi menjadi salah satu urban landmark Israel saat ini. Butuh sekitar 5 tahun untuk mendandani area seluas 5.5 Hektar ini, dan selama 5 tahun itu pula proyek yang bernama Tel Aviv Port Public Space Regeneration project ini berturut-turut meraih berbagai penghargaan, bahkan sejak dalam bentuk proposal. Kini Tel Aviv Port Public Space Regeneration project tak hanya menjadi tempat favorit warga Tel Aviv untuk mengisi hari dengan bersantai ataupun mengikuti berbagai kegiatan yang rutin digelar, namun juga telah menjadi wakil Israel dalam seni rancang bangun modern di kancah desain internasional. Baru-baru ini Tel Aviv Port Public Space Regeneration project berhasil meraih The Rosa Barba European Landscape Prize dan sekaligus gelar the Audience Choice award dalam ajang The 6th European Biennial of Landscape Architecture 2010 yang bergengsi.

Awalnya para arsitek dari Mayslits Kassif Architects melihat proyek ini sebagai sebuah kesempatan emas untuk membangun sebuah ruang publik yang mendobrak pakem dan memberikan pendekatan dan suasana yang lebih ramah bagi penggunanya. Areanya sendiri didesain dengan permukaan yang non-hirarkis dengan fungsi ganda yang merefleksikan galur permukaan padang pasir maupun gulungan ombak pantainya. Dengan cepat area ini mampu menarik berbagai aktifitas individu maupun kolektif, dan memberikan gambaran yang nyata keberhasilan proyek ini sebagai sebuah ruang publik yang memeberi media,  warna, dan manfaat dalam kehidupan Israel yang semakin urban.

(Berbagai sumber)

SHARE