Berpaling Ke Kunming

0
52

.Dibandingkan dengan Shanghai, Beijing, ataupun Ghuangzhou, kota Kunming mungkin masih asing terdengar. Meskipun demikian, ibu kota propinsi Yunnan ini sangat potensial, baik sebagai kota bisnis maupun wisata, apalagi kalo melihat lokasinya yang berada di dataran tinggi dengan dominasi lanskap berupa pegunungan dan danau yang luar biasa indahnya.

Orang-orang Cina menjuluki Kota Kunming sebagai the City of Eternal Spring karena suhunya yang nyaman, dimana musim dinginnya hanya berjalan sebentar, musim panasnya tak pernah sampai menyengat, dan pemandangan sehari-hari akan dihiasi oleh berbagai bunga yang bermekaran sepanjang tahun. Kota yang juga dikenal sebagai jalur sutra ini telah menjadi akses perdagangan yang menghubungkan daratan Cina bagaian timur ke negara-negara Mongolia, India, Pakistan, Turki, Laos, Vietnam, dan Thailand. Tak mengherankan kalau daerah penghasil teh dan bunga terbesar di wilayah Cina, bahkan Asia, ini begitu kaya akan tradisi dan etnisitas penduduknya.

Sebagai imbasnya, Kota Kunming sangat terkenal akan berbagai variasi menu makanannya yang menjadi refleksi dari kebhinekaan Provinsi Yunan yang penduduk aslinya, suku Han, hanya berjumlah setengah dari keseluruhan populasi di provinsi ini. Untuk mencicipi berbagai variasi cita rasa Kunming, Anda dapat mengunjungi daerah Green Lake yang terkenal sebagai pusatnya tempat makanan enak dan restoran terkenal.

Setelah puas dengan berbagai menu lezatnya, Anda juga harus berkeliling kota untuk menikmati keindahannya. Dengan berbekal peta pariwisata yang dapat Anda peroleh dimana saja, datanglah ke Pagoda Yuantong di Old Green Tea untuk melihat taman, kolam, dan arsitektur terindah di kota ini; ke daerah Dounan untuk menengok pasar bunga terbesar di Cina; menikmati keindahan Danau Dian Chi; dan yang tak boleh Anda lewatkan adalah hutan batu Shilin yang sangat terkenal itu. Tempat wisata yang telah ditetapkan sebagai World Heritage Site oleh UNESCO ini merupakan lokasi terbaik untuk melihat batuan karst terbaik di Cina, bahkan di seluruh dunia. Anda bisa berkeliling kota dengan menggunakan taxi, atau mini van. Tarif taxi di Kunming sangat murah dan sopirnya pun sangat informatif, namun akan sulit sekali menemukan taxi ketika jam-jam sibuk dan puncak musim liburan. Untuk situasi seperti ini, Anda bisa menyewa sepeda dan menikmati keindahan Kunming dengan lebih leluasa. Sehat, santai dan senang. Itulah Kunming…

(Berbagai sumber)

SHARE