Do You Wagyu?

0
35

.Berbagai pujian telah banyak disematkan pada daging sapi Wagyu, diantaranya adalah sebutan sebagai rajanya daging sapi; daging sapi terlunak dan sekaligus terenak; dan tentu saja daging sapi dengan harga paling tinggi. Dengan demikian kepopuleran daging sapi asal Jepang ini tak perlu diragukan lagi.

Istilah Wagyu berasal dari kata wa, yang berarti Jepang, dan gyu, yang berarti daging sapi. Wagyu merupakan jenis daging yang didapat dari jenis sapi Jepang yang sepanjang hidupnya selalu mendapatkan berbagai perlakuan istimewa. Sapi yang nantinya akan di-wagyu-kan ini biasanya tidak boleh melakukan aktifitas fisik yang berlebih; diberi makanannya khusus, berupa kombinasi rumput dan biji-bijian bernutrisi, seperti jagung dan barley; mendapatakan sesi pemijatan secara teratur; dan sama seperti manusia, sapi-sapi ini pun juga diberi asupan vitamin A, B, E, dan kalsium agar memiliki sistem imun yang baik.

Seperti yang telah banyak disanjung-sanjungkan dari jenis daging ini, keunggulan daging Wagyu terletak pada lapisan urat yang menjadikan Wagyu sebagai daging sapi terlunak di dunia. Selain kombinasi antara pemijatan yang teratur serta pakan yang berkualitas, cara pemotongan dan proses setelahnya memiliki andil besar dalam melunakkan daging si Wagyu. Sebelum dipotong, sapi asal Jepang ini sengaja dibuat mabuk dengan diberi sake atau whiskey. Tujuan utamanya jelas, untuk menjaga agar ketika dipotong sapi tersebut akan berada dalam keadaan rileks dan tidak stres sehingga urat-uratnya tidak menengang dan tekstur dagingnya tidak mengeras. Setelah dipotong daging akan digantung selama minimal satu minggu agar urat-uratnya turun. Untuk mempertahankan kualitas, daging sapi Wagyu disimpan pada suhu 1 derajat Celcius agar daging tidak beku namun bakteri juga tidak hinggap.

Daging wagyu terkenal kaya akan lemak tak jenuh seperti Omega-3 dan Omega-6 yang mudah terbakar oleh panas tubuh. Berita bagus dari hal ini adalah lemak dalam daging Wagyu tak akan mengendap dalam tubuh. Kelebihan lainnya adalah karena kaya akan lemak tak jenuh seperti Omega-3 dan Omega-6 maka daging wagyu ini memiliki kualitas marbling yang sangat tinggi, yaitu memiliki pola urat yang menyerupai marmer yang terbentuk dari lemak tak jenuh, yang terbentuk dalam sel daging. Proses untuk membentuk marbling pada sapi penghasil daging Wagyu memakan waktu yang lebih lama dibanding jenis sapi lainnya. Rata-rata sapi-sapi tersebut membutuhkan waktu hingga 600 hari, bahkan lebih, untuk menghasilkan daging dengan kualitas marbling yang prima. Karena berbagai keistimewaannya itu, tak mengherankan kalau harga daging Wagyu pun lebih tinggi dibandingkan daging sapi lainnya.

(Berbagai sumber)

SHARE